Friday, December 2, 2016

Komunitas Ledalero Rayakan Ekaristi Bersama ODHA

seminariledalero.org - Komunitas Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero merayakan ekaristi bersama ODHA (Orang dengan HIV dan AIDS) yang tergabung dalam KDS (Kelompok Dukungan Sebaya) Flores Plus Support-Maumere di Kapel Agung Seminari Tinggi Ledalero, Kamis (1/12). Perayaan ekaristi yang bernaung di bawah tema “Aku Mau, Jadilah Engkau Tahir” (Mat.8:3) ini dipimpin oleh Pater Ve Nahak, SVD.
Hadir dalam perayaan ekaristi ini Rektor Seminari Tinggi Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, Pastor Pendamping KDS Pater John Prior SVD, anggota KDS, dan anggota Komunitas Seminari Tinggi Ledalero. Kor dibawakan oleh para Frater Unit Arnoldus Nitapleat Ledalero dan bertugas sebagai lektor, seorang ibu penyintas HIV dan AIDS, anggota KDS Maumere.
Dua bacaan suci yang dipakai dalam perayaan ekaristi ini semuanya diplih dan ditentukan oleh anggota KDS. Bacaan pertama, diambil dari Kitab Nabi Yeremia 18:1-6 tentang pelajaran dari pekerjaan tukang periuk, sementara bacaan Injil berkisah tentang Yesus yang menyembuhkan seorang yang menderita kusta (Matius 8:1-4).
Sebagai ganti renungan, empat (dua perempuan dan dua laki-laki) anggota KDS membagikan pengalaman iman dan pergumulan mereka dengan Tuhan. Dalam syering ini, mereka mengisahkan kecemasan yang mengganjal di hati mereka, luka penolakan, dan perasaan ditinggalkan. Meskipun demikian, mereka juga bersyukur karena sudah banyak orang yang mulai menaruh cinta dan perhatian pada mereka.
Usai menerima komuni suci, lampu-lampu di Kapel Agung Ledalero dipadamkan. Lilin-lilin tanda pengharapan yang dipegang oleh semua umat dinyalakan, disusul dengan pendarasan bersama doa khusus pada Hari AIDS sedunia. Setelah itu, anggota KDS Maumere dengan didampingi Pater John Prior SVD, memasang lilin di depan altar.
Usai perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan santap malam bersama anggota komunitas Seminari Tinggi Ledalero. Para anggota KDS diundang untuk makan bersama para pastor dan bruder di Unit Paulus Ledalero serta di unit-unit para Frater. Seluruh rangkaian kegiatan ini bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap 1 Desember.
Seorang pendamping sebaya pada KDS Flores Plus Support-Maumere saat diwawancarai usai makan malam bersama para Frater mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penerimaan dan perhatian istimewa yang telah ditunjukkan Seminari Tinggi Ledalero kepada mereka. Keterbukaan yang telah ditunjukkan Seminari Ledalero, katanya, telah meyakinkan mereka bahwa mereka tidak pernah berjalan sendirian di tengah derita yang mereka alami.
”Kalau kami yang berbicara, masyarakat sulit untuk mendengarnya; tetapi kalau kaum berjubah yang bicara masyarakat pasti akan mendengarnya. Karena itu, kami mengharapkan agar para Pastor dan Frater dapat membawa suara kami ke tengah umat. Kalau kami sudah menerima diri kami sendiri apa adanya, kami juga berharap masyarakat bisa menerima kami apa adanya. Tidak perlu ada diskriminasi,” katanya.

Kristo Suhardi

No comments:

Post a Comment