Sunday, November 27, 2016

Frater Berkaul Sementara Ikuti Program Disermen

Pater Ito SVD
Seminariledalero.org - Para frater berkaul sementara mengikuti program disermen selama satu setengah hari, terhitung sejak Jumat (25 November 2016) malam hingga Minggu (27 November 2016) pagi. Program yang bertujuan untuk memurnikan motivasi panggilan dengan doa dan refleksi ini diadakan dalam suasana hening di unit masing-masing. Prefek Koordinator Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Pater Ito Dhogo, SVD ketika diwawancarai Seminariledalero.org  pada Sabtu (26 November 2016) menerangkan disermen merupakan program rutin yang dibuat sekali dalam satu semester. Menurut Pater Ito, program ini hanya ditujukan kepada para frater berkaul sementara, yakni para frater Tingkat I sampai Tingkat  IV.
“Maksud dari penyelenggaraan disermen tidak lain adalah agar para frater berkaul sementara bisa membuat pemilahan-pemilahan roh berkenaaan dengan penetapan arah panggilan hidup mereka selanjutnya. Para frater diminta membuat refleksi berkaitan dngan aspek-aspek penting kehidupan membiara, mengevaluasi diri dan selanjutnya membuat keputusan entahkah masih mampu melanjutkan panggilan hidup membiara atau tidak,” kata Pater Ito.
Dosen Kitab Suci STFK Ledalero ini melanjutkan, aspek-aspek penting yang dimaksudkan tersebut adalah hidup psiko spiritual (rohani), hdup psiko emosional (kepribadian), hidup berkaul (kemiskinan, ketaatan dan kemurnian), hidup berkomunitas, hidup akademis, hidup pastoral-misioner, dan kesehatan fisik-mental. Hal-hal yang perlu direfleksikan berkaitan dengan aspek-aspek ini adalah kekuatan-kekuatan, kelemahan-kelemahan dan langkah perbaikan pada masa mendatang.
“Saya berharap para frater bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk refleksi dan berdoa, untuk mempertimbangkan dan membuat keputusan. Sebab panggilan hidup menjadi imam misionaris SVD senantiasa berjalan dalam proses dan setiap frater mesti melewati proses tersebut. Barangsiapa melangkahi proses, misalnya tidak sungguh-sungguh mengikuti disermen ini, ia akan mengalami kesulitan di kemudian hari,” kata Pater Ito.
Di Unit St Agustinus, disermen dibuka secara resmi oleh Prefek Unit Pater Yosep Kusi, SVD usai makan malam, Jumat (25 November 2016). Dalam arahannya, Pater Yosep mengimbau para frater di unit tersebut agar membuat refleksi pribadi dengan sungguh-sungguh dan tetap menjaga keheningan.
“Prasyarat paling penting untuk membuat refleksi yang baik adalah terciptanya suasana hening, baik itu secara lingkungan maupun keheningan dalam diri kita masing-masing. Tanpa keheningan, tanpa situasi batin yang tenang, kita akan kesulitan untuk masuk ke kedalaman diri, yang pada akhirnya membuat refleksi kita menjadi dangkal,” kata Pater Yosep.
Menurut pantauan Seminariledalero.org di setiap unit, para frater berkaul sementara terlihat serius menjalani kegiatan disermen. Sementara itu, urusan-urusan unit lainnya untuk sementara waktu ditangani para frater berkaul kekal yakni frater-frater Tingkat V dan Tingkat VI.

Frater Yovan Rante, SVD

1 comment:

  1. Mohon maaf ada sedikit ralat di ...terhitung sejak Jumat (25 November 2016) malam hingga Minggu (27 November 2016) pagi ........sebelumnya 25 November 2015 dan sudah di ralat menjadi 25 november 2016. Terima kasih. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete