Tuesday, March 1, 2016

Seminari Ledalero Gelar Aneka Lomba

  • ·       Menyongsong HUT ke-78


Oleh Kristo Suhardi

Maumere, Flores Pos
          Lembaga pendidikan calon imam Serikat Sabda Allah (SVD) Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero menggelar aneka lomba dan pertandingan guna memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-78 lembaga ini yang berpuncak pada Selasa (8/9) mendatang. Seluruh rangkaian kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Prefek Koordinator Pater Gregorius Nule SVD yang ditandai dengan penyalaan obor di Lapangan Sepak Bola Wairpelit, Maumere, Rabu (26/8).
          Pater Gregorius, dalam sambutannya mengatakan penyelenggaran aneka pertandingan ini dimaksudkan untuk memperkokoh persaudaraan dan kekeluargaan di antara semua anggota komunitas. Lebih lanjut, dosen moral pada STFK Ledalero ini mengharapkan agar para atlet yang bertanding senantiasa menjunjung tinggi sportivitas dan berupaya menciptakan pertandingan yang bermutu, bermartabat dan indah dipandang mata.
          “Setiap pertandingan mengajarkan banyak nilai-nilai dan kebajikan unviersal yang dapat dipetik oleh setiap atlet. Beberapa nilai itu antara lain kedisiplinan, kesanggupan untuk menahan diri, sabar, bertekun dan bertangung jawab dengan tugas yang diemban. Hal-hal ini hanya dapat diperoleh jika setiap atlet sungguh-sungguh menyadari keberadaannya,” kata Pater Goris.
          Terkait dengan usianya yang kini mencapai 78 tahun, Pater Goris berharap agar Seminari Tinggi Ledalero tetap mampu menghasilkan calon imam dan biarawan-misionaris SVD yang tangguh dan siap diutus ke berbagai penjuru dunia.
          “Kita berusaha untuk mendidik para frater agar bertanggung jawab atas hidup dan panggilannya, serius dalam menghayati janji dan komitmen yang mereka ucapkan ketika mengikrarkan ketiga kaul, yakni kemiskinan, kemurnian, dan ketaatan,” kata Pater Goris.
          Sejak berdirinya tahun 1937 hingga saat ini, Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero telah mengirim lebih dari 500 misionaris yang bekerja dilebih dari 50 negara di seluruh dunia. Tahun ini, 23 frater dalam rumah formasi ini mengikrarkan kaul kekal dalam Serikat Sabda Allah (SVD). 19 dari 23 frater ini diutus untuk bekerja sebagai misionaris di luar negeri.

Aneka Lomba
          Wakil Ketua Seksi Olahraga Seminari Tinggi Ledalero Frater Antonius Mario Rade Lobo SVD, ketika diwawancarai Flores Pos, mengungkapkan tahun ini Seksi Olahraga menggelar lima mata lomba yakni sepak bola, bola voli, tenis meja, badminton, dan tarik tambang. Aneka lomba ini, selain untuk memperkokoh persaudaraan, juga untuk menggali potensi dalam diri setiap atlet yang ikut bertanding.
          Frater Antonius, secara khusus menyinggung arti penting pertandingan sepak bola yang digelar bagi kelangsungan tim sepak bola Arsenal Ledalero. Sejauh ini, kata Frater Antonius, Arsenal Ledalero telah menunjukkan prestasi yang membanggakan, lewat keberhasilan menjuarai beberapa turnamen yang pernah diikuti.
          Selain aneka pertandingan olahraga, Seksi Akademi Seminari Ledalero juga menggelar lomba penulisan artikel opini, cerita pendek (cerpen), dan puisi. Lomba ini, kata Ketua Seksi Akademi Frater Kristo Suhardi SVD, dimaksudkan untuk merangsang dan menggairahkan kembali minat menulis dalam diri para Frater Seminari Tinggi Ledalero.

Menarik
          Pertandingan pembuka yang mempertemukan kesebelasan Unit Gabriel dan Nitapleat berlangsung menarik. Dua gol yang dilesakkan oleh striker bernomor punggung 11 Unit Gabriel, Yohanes Pranata Slai, berhasil membungkus kemenangan telak bagi Unit Gabriel atas Nitapleat dengan skor akhir 2-0.

          Sementara dalam pertandingan bola voli, keenaman Unit Yosef Freinademetz berhasil menyingkirkan unit Mikael dengan skor 2-1 (21-25, 25-20, dan 25-20). Pertandingan yang berlangsung alot ini diwarnai dengan spike-spikekeras dari kedua keenaman.

No comments:

Post a Comment