Monday, May 8, 2017

Frater Unit Agustinus Rayakan Minggu Panggilan di Panti Asuhan

Anak-anak panti sedang membawakan
sebuah tarian modern
di hadapan para frater Ledalero.
Seminariledalero.org - Para frater Unit St. Agustinus Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero merayakan Hari Minggu Panggilan Sedunia (7/5/2017), di Panti Asuhan St. Aloysius Maumere. Dalam kunjungan ke lembaga yang dikelola para suster ALMA tersebut, frater-frater merayakan ekaristi, rekreasi dan santap siang bersama penghuni panti. Ketua Unit St. Agustinus Frater Mando Labetubun SVD menjelaskan, kegiatan yang dijalankan  pihaknya ini merupakan program bersama seluruh anggota unit. Luhurnya panggilan hidup membiara, kata dia, ingin dirayakan pihaknya dalam kebersamaan dengan anak-anak panti asuhan.
Frater rela menjadi peragawan
dalam acara rekreasi bersama.
“Sebagai calon imam dan misionaris SVD, jiwa dan raga kami ditempa untuk selalu berpihak pada kaum kecil dan telantar. Adik-adik yang menghuni Panti Asuhan St. Aloysius, dalam pandangan kami, juga adalah bagian dari kelompok terpinggirkan itu,” kata Frater Mando.
Menurut Frater Mando, kegiatan ini sekaligus menegaskan makna panggilan hidup para frater sebagai calon imam dan misionaris SVD. Berbagi kisah dan kasih dengan penghuni panti diyakini mampu melecut semangat para frater untuk semakin mendekatkan diri kepada kaum pinggiran.
Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala Panti Asuhan St. Aloysius Maumere Suster Veronika Witin, ALMA menyatakan syukur, terima kasih dan harapan. Menurut Suster Veronika, kunjungan para frater menjadi tanda dukungan SVD
Pater Yosep Kusi SVD (tengah, kemeja putih)
bernyanyi dan menari bersama anak-anak panti.
bagi karya kerasulan ALMA.
Perayaan Ekaristi bersama
“Kami berharap agar SVD tetap konsisten memperjuangkan nasib kaum kecil dan terpinggirkan. Perjuangan itu hendaknya tidak sebatas seruan-seruan profetis, melainkan dikerjakan secara nyata di tengah kehidupan bersama,” katanya.Suster Veronika menginformasikan, Panti Asuhan St. Aloysius melayani dua kelompok kategori yakni anak telantar dan kaum difabel. Saat ini anak-anak panti berjumlah 48 orang, dengan perincian 28 putri dan 20 putra. Anak-anak ini didampingi 5 suster ALMA dan beberapa pembina awam.


Frater-frater bernyanyi saat perayaan Ekaristi.
Aneka Kegiatan
Sehari sebelumnya, Sabtu (6/5/2017), para frater mengadakan kerja bakti berupa pembersihan kebun Panti Asuhan St. Aloysius. Kerja bakti tersebut diadakan sore hari, sejak pkl. 15.30 Wita sampai pkl. 17.30 Wita.
Perayaan ekaristi Hari Minggu Panggilan Sedunia, (7/5/2017) pagi, dipimpin Prefek Unit St. Agustinus Pater Yosep Kusi SVD. Para frater bertugas membawakan kor dan menjadi petugas liturgi. Semua penghuni panti terlibat aktif dalam perayaan ekaristi dimaksud.
Setelah perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan rekreasi bersama di ruang tamu Panti Asuhan St. Aloysius. Berbagai jenis acara ditampilkan dalam kegiatan tersebut, baik acara yang dibawakan para frater maupun acara yang dibawakan anak-anak panti.
Kegiatan para frater ditutup dengan santap siang bersama dan penyerahan sumbangan kepada Panti Asuhan St. Aloysius. Sebelum berpisah, kedua pihak berjanji untuk saling mendoakan dan terus menjalin relasi kasih satu sama lain.

Penulis: Frater Yovan Rante, SVD 


No comments:

Post a Comment