Sunday, May 7, 2017

STFK Ledalero Adakan Seminar Nasional tentang “Human Trafficking”

Seminariledalero.org - Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero mengadakan seminar nasional tentang human trafficking (perdagangan manusia) di gedung aula lembaga pendidikan tinggi tersebut, Sabtu (6/5) pagi.
Seminar ini menghadirkan dua pembicara yakni Dra. Sri Palupi M.Pd (Pendiri The Institut for Ecosoc Rights) dan Pater Dr. Alexander Jebadu SVD (dosen Misiologi STFK Ledalero).
Kegiatan seminar dibuka Ketua STFK Ledalero Pater Bernard Raho SVD. Sedangkan pemaparan makalah dan diskusi dipandu Pater Yohanes Orong SVD, dosen Bahasa Indonesia STFK Ledalero.
Pater Bernard dalam kata sambutannya mengatakan, seminar mengenai human trafficking adalah lanjutan dari seminar tentang HIV/AIDS yang pernah diadakan pada April 2016 lalu. Keduanya merupakan persoalan utama masyarakat NTT yang ditemukan dalam kapitel terakhir Provinsi SVD Ende, lembaga yang membawahi STFK Ledalero.
Sementara itu, Dra. Sri Palupi M. Pd dalam makalah yang dibawakannya antara lain menyoroti seriusnya masalah perdagang manusia di NTT. Menurut dia, penanganan masalah tersebut menjadi rumit justru karena dilakukan oleh keluarga sendiri.
“Selain itu, satu gaya hidup yang mengakibatkan semakin tingginya angka perdagangan manusia di NTT adalah minimnya rasa solidaritas. Masing-masing orang berjuang untuk kemakmurannya sendiri, termasuk dengan cara mengorbankan orang lain,” katanya.
Keterlibatan semua pihak menjadi satu tawaran solusi yang diajukan Pater Dr. Alexander Jebadu SVD dalam makalahnya yang berjudul “Perdagangan Manusia sebagai Kejahatan Global dan Gerakan Internasional untuk Menghentikannya. Perjuangan secara global, kata dia, menjadi kekuatan baru yang mampu memutuskan rantai human trafficking.
“Mari kita bahu-membahu menyadarkan masyarakat akan meningkatnya kasus perdagangan manusia. Kita ajak mereka untuk saling jaga sebagai saudara,” imbuhnya.
Disaksikan Seminariledalero.org, seminari ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Sikka Rafael Raga, para dosen, pegawai dan mahasiswa STFK Ledalero. Selain itu, tampak hadir beberapa tamu undangan, termasuk dari lembaga pemerintah dan LSM.

Penulis : Frater Yovan Rante, SVD 

No comments:

Post a Comment