Monday, January 14, 2019

21 Frater SVD Memulai Masa Novisiat Kekal




Seminariledalero.org Sebanyak 21 frater SVD yang telah menyelesaikan tahun orientasi pastoral (TOP)  mulai memasuki masa novisiat kekal selama enam bulan. Masa novisiat kekal atau masa probasi ini secara resmi dibuka pada perayaan ekaristi peringatan St. Arnoldus Janssen pendiri tiga serikat, yakni SVD, SSpS, dan SSpS Ap di Kapela Agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero pada Selasa pagi (15/01/19). Pembukaan masa novisiat kekal ini ditandai dengan penyerahan buku program novisiat kekal oleh Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pater Fransiskus Ceunfin, SVD  kepada ke-21 frater.
Ke-21 frater yang akan memulai masa probasi tersebut adalah: Frater Aris Gah Marianus Dominikus, Frater Bagaena Huler Anselmus, Frater Djuwa Dobe Ngole Porkarius, Frater Gaba Laurensius Carolus, Frater Gonsalves Mauricio, Frater Hermandira Saup Yustinus, Frater Ikun Kamilus, Frater Kolo Gili Valerianus Adriano, Frater Koting Yoseph, Frater  Locho Reynald Engelbert, Frater Mali Fidelis, Frater Mali Mau Servianus, Frater Mite Lusius, Frater Niron Aprianus Putrason, Frater Nuwa Marianus, Frater Panda Lewa Krispianus, Frater Purnama Nila Aprintus Justian, Frater Suhendra Benediktus Yustisiano, Frater Tavelik Idaman Yosef, Frater Un Lazakar Yoseph, dan Frater Wayhuni Urbanus.
Setelah membuat discernment dalam terang Roh Kudus, ke-21 frater ini telah mengambil keputusan untuk memulai masa novisiat kekal mereka. Ke-21 frater akan  didampingi oleh Pater Andreas Tefa Sa’u, SVD di Unit Efrata Gere. Selama masa ini, para frater akan melalui berbagai paket yang membantu perkembangan pribadi dan panggilan mereka.
Pater Yanuarius Lobo, SVD selaku imam selebran dalam kotbahnya menegaskan bahwa peringatan St. Arnoldus Janssen tidak sekedar menjadi momen untuk mengenangkan kematiannya yang ke-110 tahun, tetapi juga menjadi momen untuk membaharui diri, menemukan jati diri sebagai seorang SVD di tengah tantangan misi masa kini. Pada bagian lain kotbahnya,  Pater Yanuarius juga mengangkat keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh St. Arnoldus Janssen.
Mengutip Konstitusi SVD No. 514, imam kelahiran Laja Bajawa ini menegaskan bahwa masa novisiat kekal bertujuan untuk meneguhkan jawaban samasaudara terhadap panggilan Tuhan. Dengan demikian mereka dapat mengambil keputusan terakhir untuk menyerahkan diri seumur hidup kepada Serikat Sabda Allah di dalam serikat kita, demi karya penyelamatan Allah.
Di akhir perayaan ekaristi, Pater Yanuarius mewakili Pater Rektor dan Anggota Dewan Rumah  memberikan ucapan selamat pesta St. Arnoldus Janssen kepada segenap anggota komunitas Seminari Tinggi Ledalero dan juga secara khusus memberikan ucapan selamat kepada 21 frater yang akan memulai masa novisiat kekal mereka.***
Penulis & Editor: Flory Djahut

2 comments:

  1. selamat buat teman2 seangkatan. tetapkan pilihan dan siap mengemban misi nanti.. salam SVD

    ReplyDelete
  2. Selamat menjalani probasi untuk para frater

    ReplyDelete