Saturday, March 23, 2019

Bapak Ignas Jonan Memberikan Kuliah Umum di Kampus STFK Ledalero


seminariledalero.org ---Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Bapak Ignasius Jonan memberikan Kuliah Umum di kampus Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero (STFK) Maumere pada Sabtu (23/10/19). Di bawah tema “Energi Berkeadilan untuk Rakyat”, Ignas Jonan mengungkapkan pentingnya energi berkeadilan untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Menurut Ignas Jonan, energi berkeadilan erat kaitannya dengan penyediaan energi secara merata dengan harga yang terjangkau. Dia menegaskan bahwa satu masalah pokok yang terjadi sekarang adalah masalah keadilan sosial. Oleh karena itu menurut dia penting sekali untuk menerapkan kebijakan satu harga, tetapi dengan harga yang terjangkau. 

Mantan Menteri Perhubungan pada era Jokowi ini juga menyoroti kebijakan subsidi energi. “Subsidi energi itu adalah subsidi tiga hal, yakni listrik, BBM , dan LPG. Kalau kita lihat, 2012 sampai 2014 subsidi listrik, BBM, dan LPG  itu total tiga tahun trakhir sampai seribu triliun. Kalau seribu triliun, itu di mana keadilannya? Sementara wilayah kita yang jauh, yakni wilayah Indonesia Timur tidak mendapatkan banyak. Mereka tidak memakai LPG.” Demikian tegas Ignas Jonan. 

Mantan Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia tahun 2009 sampai 2014 ini mengatakan bahwa untuk mengatasi ketidakadilan ini, pemerintah melalui kementerian ESDM memotong subsidi energi dengan tujuan agar ada uang untuk membangun waduk dan listrik di tempat-tempat lain. Lebih lanjut Ignas Jonan mengungkapkan bahwa kementerian ESDM berkomitmen untuk menyediakan energi sampai ke pelosok-pelosok tanah air dengan harga yang terjangkau. “Harga BBM harus sama dan rata di semua wilayah”, tegas Jonan

Kuliah umum ini dihadiri oleh ribuan peserta, antara lain Bupati Sikka, Bapak Uskup Maumere Mgr Edwaldus  Martinus Sedu, Uskup Emeritus Mgr. Gerulfus Kerubim Pareira, para dosen, para mahasiswa/i, pimpinan Perguruan Tinggi, para alumni STFK Ledalero, awak media, dan masyarakat umum. Usai memberikan kuliah umum, Ignas Jonan bersama rombongan dan didampingi oleh Bupati Sikka, Robi Idong  mengunjungi  ibu Alfonsa Horeng, pendiri Sentra Tenun Ikat Lepo Lorun di Desa Nita Kecamatan Nita Kabupaten Sikka, NTT.***

Penulis & Editor: Flory Djhaut

No comments:

Post a Comment