Sunday, November 4, 2018

Misa Pembukaan Visitasi


Misa Pembukaan Visitasi Provinsial SVD Ende bersama Dewan





Visitasi Provinsial SVD Ende bersama dewannya di komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero 
secara resmi dibuka pada Minggu (4/11/2018) dalam Perayaan Ekaristi Kudus di Kapela Agung Seminari Tinggi. Perayaan Ekaristi Pembukaan Visitasi ini dipimpin oleh Pater Stef Dampur SVD sebagai selebran  bersama tujuh belas imam konselebran. Hadir dalam perayaan ini, para frater dari unit-unit, bruder, dan umat lainnya. 

Dalam kata pengantarnya, Provinsial SVD Ende, Pater Lukas Jua, SVD mengatakan bahwa visitasi bertujuan untuk meningkatkan hidup religius-misioner yang tampak dalam, pertama, kesaksian hidup dan relasi persaudaraan dalam kehidupan berkomunitas, dan yang kedua,  dalam karya-karya misioner kita. “Ini sangat sesuai dengan injil hari ini, kasih sebagai hukum yang utama. Dalam visitasi, para visitator yang hadir dan semua anggota dewan akan melihat sejauh mana hubungan kita dengan Tuhan sebagai bentuk ungkapan cinta kasih kita kepada Dia. Kita juga akan melihat cinta kasih persaudaraan kita satu sama lain dalam komunitas dan cinta kasih kita kepada sesama yang kita layani di luar dalam karya misi kita, terutama bagi mereka yang menderita dan miskin” kata Pater Lukas. 

Kemudian dalam homilinya, P. Stef Dampur, SVD secara singkat, padat, dan jelas merenungkan topik kasih sebagai hukum yang paling utama dalam hidup manusia. Pater Stef menekankan kasih itu sebagai komitmen dan sebagai perbuatan yang terimplementasi dalam aktus kasih. Selain itu, Pater Stef juga mengatakan bahwa kasih orang Katolik itu berdimensi tiga yakni kasih kepada Allah, kasih kepada sesama, dan kasih kepada diri sendiri. Pater Stef mengajak semua umat yang hadir agar menjadi mentor utama pelaksana kasih dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam sambutan singkat sebelum berkat penutup, Pater Provinsial menegaskan bahwa Visitasi merupakan kunjungan penting,  yakni kunjungan kanonik. Dia berbeda dari kunjungan biasa. Hasil visitasi ini mengikat dan visitasi provinsi akan dikeluarkan dalam bentuk protokol visitasi yang mengikat semua anggota dan harus dijalankan. Visitasi ini juga merupakan kesempatan serikat, dalam hal ini provinsi, menunjukkan perhatian kepada masing-masing anggota serikat. Dan berkaitan dengan kunjungan ke seminari ini, setiap unit akan dikunjungi oleh seorang visitator. Pada kesempatan itu para frater diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan perasaan mengenai hidup religius-misioner kita. Selain itu, pimpinan juga akan melihat secara lebih dekat setiap kenyataan hidup anggota serikat baik dalam kehidupan berkomunitas, kehidupan rohani, keuangan, formasi, kepemimpinan, maupun karya misi khususnya dua karya prioritas provinsi yakni penanganan terhadap persoalan HIV/AIDS dan Human Trafficking.” 

Penulis            : Fr. Ricky Mantero, SVD
Editor             : Flory Djhaut


No comments:

Post a Comment