Wednesday, April 25, 2018

FRATER UNIT YOSEF MENGUNJUNGI STASI MEKEN DETUN

Seminariledalero.org – Dalam rangka Minggu Panggilan Sedunia, para frater dari Unit St. Yosef Freinademetz mengunjungi umat Stasi St. Arnoldus Janssen Meken Detun, Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus Ili - Maumere. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu, (21 April 2018) sampai dengan Minggu, (22 April 2018). Dalam kunjungan ini selain membuat animasi panggilan, para frater juga berkesempatan memberikan sosialisasi tentang masalah Human Trafficking yang sedang marak terjadi yang disampaikan oleh para frater lewat kegiatan katekese bersama umat, dengan tema “Orang Katolik Dalam Semangat Persaudaraan Bertanggungjawab Memberantas Perdagangan Orang atau Human Trafficking.”
     Ketua unit St. Yosef Freinademetz, Fr. Adrianus Yusron, SVD ketika diwawancarai tentang kegiatan apa saja yang dilangsung selama berkunjung ke Stasi St. Arnoldus Janssen Meken Detun, mengatakan bahwa ada beberapa kegiatan penting yang dilangsungkan selama berada di tengah-tengah umat yang bertujuan untuk membangun kekompakan. “Selama berkunjung ke Stasi Meken Detun, ada beberapa kegiatan penting yang dilangsung, misalnya memberikan sosialisasi tentang Human Trafficking yang disampaikan lewat kegiatan katekese, pendampingan terhadap anak-anak SEKAMI, syering panggilan bersama OMK, pertandingan persahabatan bersama OMK dan menanggung kor dan liturgy lainnya pada Perayaan Minggu Panggilan Sedunia, Minggu (22 April 2018). Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun kekompakan dalam iman maupun perbuatan,” kata Fr. Aditya, SVD.
          Fr. Aditya, SVD menambahkan, “Para frater yang terlibat dalam kegiatan ini berjumlah 33 orang, yang terdiri dari 15 frater tingkat II, 11 frater tingkat III, 6 frater tingkat IV dan satu frater yang sedang menjalani masa insersi. Para frater ini dibagi ke rumah-rumah yang tersebar dalam 12 KBG di Stasi St. Arnoldus Janssen Meken Detun,” kata Fr. Aditya, SVD.
          Dalam kunjungan ini segenap umat stasi Meken Detun sangat antusias menerima para frater. Ketua stasi Meken Detun, ibu Maria Feli Gonda dalam sapaan awalnya mengatakan bahwa dirinya bersama segenap umat sangat bangga dan berbahagia atas kunjungan yang diadakan di stasi Meken Detun. “Saya dan segenap umat di Stasi Meken Detun ini merasa bangga dan berbahagia atas kunjungan dari adik-adik frater. Kami ucapkan selamat datang dan selamat bertemu. Bagi kami kunjungan ini adalah sebuah rahmat bagi kami sebab kunjungan seperti ini jarang terjadi. Kami berterimakasih kerena telah memilih stasi kami untuk melangsungkan kegiatan Minggu Panggilan Sedunia,” kata Ibu Gonda.  
Sementara itu, dalam sambutannya pada Minggu, (22/4/2018) pagi, Ibu Gonda mengatakan bahwa dirinya bersama segenap umat sangat berterimakasih sebab bertepatan dengan moment Minggu Panggilan Sedunia, para frater bisa hadir dan membawakan sebuah tema katekese yang menarik dan sangat aktual dewasa ini. “Saya dan segenap umat sangat berterimakasih kepada adik-adik frater yang sudah hadir di sini dan membawakan serta mensosialisasikan kepada kami suatu tema menarik dan aktual dewasa ini tentang Perdagangan Orang atau Human Trafficking. Tema ini juga sangat relevan dengan bacaan-bacaan suci pada hari Minggu Panggilan Sedunia ini. Kita diminta untuk menjadi gembala dan domba yang baik bagi sesama. Kita belajar untuk menjadi gembala yang baik demi memberantas Human Trafficking. Kita juga harus belajar menjadi domba yang baik demi menolong sesama yang menderita. Inilah panggilan kita semua,” kata Ibu Gonda.
          Ibu Gonda menambahkan, “Semoga kunjungan ini bisa menumbuhkan iman kita. Saya berharap bahwa kunjungan ini juga merupakan awal dari segala kebersamaan kita ke depan demi menunaikan misi kita, yakni memperbaiki dan menumbuhkan iman segenap umat di Stasi St. Arnoldus Janssen Meken Detun ini, tambahnya.
          Prefek unit St. Yosef Freinademetz, Pater Kanisius Bhila, SVD dalam kesempatan memberikan sambutan, mengatakan bahwa kunjungan para frater ini merupakan sebuah rahmat bagi bapak dan mama sekalian di stasi Meken Detun. “Saya sebagai prefek di Unit St. Yosef Freinademetz bersama P. Bernard Boli Ujan, SVD menyampaikan terimakasih kepada segenap umat di Stasi Meken Detun yang dengan tulus hati menerima para frater untuk melangsungkan kegiatan Minggu Panggilan Sedunia di sini. Saya yakin bahwa kehadiran para frater ini membawa rahmat bagi bapak, mama dan saudara-saudari sekalian. Kehadiran mereka selain sebagai frater tetapi juga sebagai anak yang harus diperhatikan. Bapak dan mama harus mendoakan mereka sebab mereka adalah agen-agen pastoral pada masa yang akan datang. Kehadiran para frater pada hari Minggu Panggilan Sedunia selain untuk membuat animasi panggilan, tetapi mereka juga membawa dalam diri mereka keunikkan-keunikkan yang dapat memperkaya iman kita kepada Dia yang kita kenal sebagai gembala yang baik,” kata P. Kanis Bhila, SVD.
          Pater Kanis Bhila, SVD melanjutkan, “Saya berharap bahwa dengan moment berahmat ini yang bertepatan dengan hari Minggu Panggilan Sedunia, kita semua harus belajar menjadi gembala yang baik bagi sesama kita. Gembala yang baik adalah mengenal domba-dombanya. Marilah kita belajar dari moment ini sebab kita semua terpanggil untuk menjadi gembala dan sekaligus sebagai domba yang baik bagi sesama,” kata P. Kanis Bhila, SVD.

OLEH FR. FRIDZ TALAN, SVD
0821 4699 5533

No comments:

Post a Comment