Wednesday, August 23, 2017

Komunitas Ledalero Adakan Pertemuan di Ruang Klemens



Seminariledalero.org
Komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero adakan pertemuan komunitas dengan tiga agenda penting yakni perkenalan Frater tingkat satu dan tingkat lima, evaluasi program kerja semester lama, dan pemilihan staf inti Fratres yang baru di ruangan Klemens, lantai II Filosofan, Jumat (8/18/2017). Pertemuan ini dipimpin oleh Fr. Arvin, SVD, Fr. Vilan, SVD, Fr. Budi, SVD, dan  Fr. Klemens, SVD, selaku staf inti kepengurusan yang lama dan  dihadiri hampir semua anggota komunitas.
          Hadir dalam pertemuan ini yang mewakili Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, P. Frans Ceunfin, SVD, yang  mewakili Tim Ekonom Komunitas, P. Yosep Kusi, SVD, Pater Prefek coordinator, P. Petrus Christologus Dhogo, SVD, Pater Prefek dari setiap Unit dan beberapa Pater dari Unit Paulus.
          Pater Frans Ceunfin, SVD pada awal sambutannya mewakili Rektor Rumah mengucapkan selamat datang kepada para Frater tingkat lima yang baru berkaul kekal dan tingkat satu yang baru datang dari Novisiat Nenuk dan Kuwu. Dalam sambutan singkat itu, Pater Frans menekankan nilai penting di balik sebuah kegiatan evaluasi. “Kegiatan evaluasi yang dibuat pada hari ini tidak bertujuan melihat terlaksana atau tidak terlaksananya suatu program, tetapi melihat apakah program itu menunjang formasi kita. Kita mungkin akan menemukan perbedaan pendapat, tetapi kita perlu ingat semangat yang menyatukan kita di tempat ini”, kata P. Frans.
          Dalam pertemuan ini tim Ekonom Rumah juga menyampaikan beberapa hal penting sehubungan dengan kebutuhan hidup anggota komunitas. “Biaya hidup anggota komunitas selalu meningkat setiap tahun. Karena itu perlu adanya usaha penghematan dan kemandirian di setiap unit. Kita dapat memulainya dari hal yang sederhana seperti penghematan air dan listrik. Dan dalam hal kemandirian kita dapat memaksimalkan usaha baik yang sudah dihidupi oleh semua unit selama ini yaitu ternak babi. Kita perlu hidup dari hasil usaha kita sendiri,” kata Pater Yosep Kusi, SVD.
          Selanjutnya evaluasi program kerja semester lalu dibacakan oleh staf pengurus lama. Kegiatan evaluasi berlangsung dengan baik. Staf inti lama menerima dengan terbuka segala bentuk apresiasi, saran dan kritikan dari konfrater lainnya. Frater Arvin Ea, SVD dalam sambutan singkatnya setelah evaluasi mengucapkan terima kasih atas dukungan dan permohonan maaf. “Staf  pengurus mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan dan kerja sama dari sama saudara sekalian. Kami juga memohon maaf atas kesalahan dan kekeliruan yang kami lakukan. Ini adalah komunitas kita bersama, maka kitalah yang bekerja untuk menghidupkan komunitas ini,” kata Fr. Arvin Ea, SVD.
          Setelah evaluasi program kerja semester lama, diadakan pemilihan staf inti baru dari tingkat V. Proses pemilihan staf inti baru dengan kandidat Fr. Muche, SVD, Fr. Iden, SVD, Fr. Reldy, SVD, dan Fr. Tommy  berlangsung secara demokratis. Setelah melalui proses perhitungan cepat, terbentuklah suatu badan kepengurusan fratres yang baru dengan Fr, Reldy, SVD sebagai Ketua, Fr. Iden, SVD sebagai wakil, Fr. Tommy, SVD sebagai sekretaris, dan Fr. Muche, SVD sebagai bendahara. Frater Reldy, SVD dalam sambutan singkatnya mewakili staf inti baru mengatakan “Kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah konfrater berikan kepada kami. Ini merupakan proses belajar bagi kami. Kami akan berusaha menyumbangkan segala sesuatu yang kami punya demi jalannya formasi kita di tempat ini,” tegas Fr. Reldy.
          Pertemuan ini ditutup dengan serah terima jabatan dari staf inti yang lama kepada staf inti yang baru dan wejangan dari Prefek Koordinator, P. Ito Dgoho, SVD. “Kita mesti bersyukur atas segala sesuatu yang telah kita buat di semester lalu. Kita berterima kasih kepada kita semua yang telah berusaha menyukseskan segala program kita bersama. Segala yang baik mesti diteruskan dan kembangkan menjadi lebih baik lagi oleh staf inti yang baru. Kunci keberlangsungan formasi kita di tempat ini adalah kerja sama yang baik, baik sesama frater maupun frater dengan para pater,” kata P. Ito Dhogo, SVD.


Penulis: Fr. Apink Edor, SVD

No comments:

Post a Comment