Monday, April 10, 2017

Komunitas Ledalero Rayakan Minggu Palma

Komunitas Ledalero rayakan Minggu Palma
Seminariledalero.org - Segenap anggota Komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero merayakan hari Minggu Palma di Kapel Agung Ledalero, Minggu (9/4/2017) pagi. Perayaan ini dipimpin Pater Ansel Doredae, SVD.
Dalam kotbahnya Pater Ansel menekankan dua makna penting perayaan Minggu Palma. Pertama, kata Pater Ansel, Yesus menjadi teladan ketaatan dalam melaksanakan kehendak Allah.
“Dalam melaksanakan misi keselamatanNya di dunia, Yesus rela menderita dan memikul salib-Nya yang amat berat untuk menebus umat manusia yang berdosa. Dia mengosongkan diri-Nya menjadi hamba yang menderita hingga wafat di kayu salib,” kata Pater Ansel.
Karena itu, Pater Ansel menegaskan bahwa perayaan Minggu Palma harus menjadi suatu refleksi yang mendalam tentang arah hidup Yesus yaitu melaksanakan kehendak Bapa dalam ketaatan.
“Apakah sesudah sekian lama menjadi orang Katolik, hidup kita semakin memperlihatkan ketaatan penuh kepada kehendak Allah dalam semua aspek kehidupan kita ataukah malah sebaliknya?” kata Pater Ansel.
Kedua, lanjut Pater Ansel, perayaan Minggu Palma merupakan kesempatan untuk belajar pada kerendahan hati Yesus. Yesus adalah anak Allah yang hidup. Tetapi walaupun Allah, Ia rela mengambil rupa seorang hamba dan mengabdi secara total.
“Yesus Kristus adalah teladan ketaatan yang sangat sempurna. Ia rela mengosongkan diriNya menjadi hamba yang menderita dengan cara wafat di kayu salib,” tegasnya.
Sebagaimana disaksikan Seminariledalero.org, perayaan Minggu Palma ini diawali perarakan dari pendopo timur Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero. Di tempat itu diadakan upacara pemberkatan daun-daun palma. Usai upacara pemberkatan daun palma, perayaan tersebut dilanjutkan dengan perarakan menuju Kapel Agung.
Turut hadir dalam perayaan ini Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, Wakil Rektor Pater Frans Ceunfin SVD, Ekonom Pater Anton Jemaru SVD, Prefek Koordinator Fratres Pater Ito Dhogo SVD, para imam, suster, bruder dan frater dan umat awam. Perayaan ini juga dimeriahkan kelompok kor para frater dari unit St. Arnoldus Janssen-Nitapleat.

Penulis: Frater Har Janssen, SVD

No comments:

Post a Comment