Sunday, April 9, 2017

Pater Vande Ajak Warga Ledalero Hidup Sesuai Meterai Allah

Seminariledalero.org - Pada ibadat tobat di Kapel Agung Ledalero, Jumat (6/4/2017) sore, Pater Vande Raring SVD mengajak semua anggota komunitas agar hidup sesuai meterai Allah. Menurut dia, pilihan hidup seperti ini sanggup membebaskan orang dari bayang-bayang buruk tentang diri sendiri dan juga memampukan dia untuk menghargai martabat orang lain.
“Marilah kita hidup berdasarkan meterai yang diberi Allah, bukan meterai yang diberi manusia. Marilah kita sadari bahwa kita semua memiliki meterai yang indah tersebut dalam diri kita masing-masing,” kata Pater Vande.
Menurut Pater Vande, salah satu kecenderungan manusia sekarang ini adalah memberikan cap atau stigma buruk mengenai orang lain. Stigma tersebut sangat kuat pengaruhnya dalam melumpuhkan kepribadian orang lain.
Selain itu, kecenderungan lain yang dimiliki manusia adalah memberikan stigma buruk tentang dirinya sendiri. Bersikap pasrah terhadap kelemahan diri, kata dia, merupakan salah satu ciri dari pribadi yang telanjur memberi stigma buruk tentang dirinya sendiri.
“Marilah kita pada perayaan Paskah kali ini meninggalkan kebiasaan buruk kita yang kerap memberi stigma negatif, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Kita sadari diri kita dan sesama kita sebagai pribadi-pribadi yang telah diberi meterai oleh Allah,” ajaknya.
Disaksikan Seminariledalero.org, ibadat tobat ini dihadiri juga oleh Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, anggota dewan rumah, para imam, suster, bruder, frater, karyawan dan karyawati. Setelah ibadat tobat, segenap anggota komunitas diberi kesempatan untuk mengaku dosa di pembimbing rohani masing-masing.       


Penulis: Frater Yovan Rante, SVD
  

No comments:

Post a Comment