Monday, April 10, 2017

Teater Aletheia Akan Pentaskan “Kotak”

Seminariledalero.org - Kelompok Teater Aletheia Ledalero akan mementaskan teater berjudul Kotak pada Selasa, (11/4/2017) mendatang di aula St. Thomas Aquinas, Ledalero. Teater ini sejatinya dipentaskan dalam rangka menyongsong pesta Paskah 2017. Dalam pertemuan intern kelompok teater Aletheia, teater yang akan pentas dirancang menggantikan Tablo, guna merenungkan sengsara dan wafat Tuhan.
Frater Selo Lamatapo SVD
Naskah teater Kotak yang akan dipentaskan oleh kelompok teater Aletheia ini ditulis oleh Frater Ari Kaldija, SVD atau yang kerab disapa Dijo. Frater Dijo mengatakan bahwa secara umum teater yang akan dipentaskan ini menggambarkan situasi aktual masyrakat saat ini. Masyarakat kecil dikhianati oleh pemimpin yang seharusnya menuntun mereka.
“Para pemimpin kita saat ini, yang seharusnya menjadi penuntun jalan bagi orang-orang kecil, justru tersesat lebih dahulu. Lalu apa yang terjadi dengan masyarakat kecil?” katanya kepada Seminariledalero.org.
Selain itu, teater ini juga mau menunjukkan kekuatan yang dimiliki oleh orang-orang kecil dan sederhana. Dalam situasi yang serba sulit dan pelik, ketika para pemimpin tidak bisa diharapkan lagi, orang-orang kecil adalah pilihan lain untuk keluar dari situasi tersebut. “Orang kecil dan sederhana seharusnya bisa juga menjadi penuntun dan penolong bagi  pemimpin mereka,” lanjut Frater Dijo.
Berdasarkan pantauan Seminariledalero.org, kelompok teater Aletheia sudah melakukan semua persiapan yang perlu untuk teater yang akan dipentaskan. Menjelang hari pementasan, kelompok Aletheia semakin meningkatkan persiapan mereka.
Frater Selo Lamatapo SVD selaku ketua Teater Aletheia menyatakan bahwa persiapan mereka sudah hampir matang. “Kami sudah melakukan persiapan dengan baik. Setelah latiahan yang akan diadakan dua kali lagi, kami siap tampil,” ungkapnya.

Penulis: Frater Hans Syukur, SVD

No comments:

Post a Comment