Wednesday, November 16, 2016

Seksi PU Galakkan Program Pembersihan Sampah

Beberapa frater terlihat sedang bekerja memindahkan sampah
ke truk Seminari Ledalero.
Tampak dari kiri ke kanan: Frater Villan, Frater Arvin,
Frater Justin, Frater Venty dan Frater Budy
seminariledalero.org - Seksi Pekerjaan Umum (PU) Seminari Tinggi St Paulus Ledalero menggalakkan program pembersihan sampah yang tersebar pada beberapa titik dalam kompleks seminari. Program pembersihan sampah ini merupakan salah satu prioritas utama Seksi PU sepanjang masa jabatan 2016-2017.
Pernyataan ini disampaikan Ketua Seksi PU Komunitas Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Frater Venty Serundi, SVD pada Selasa (15 November 2016) sore. Frater Venty yang baru saja terjun langsung bekerja membersihkan sampah di belakang dapur umum bersama para frater dari Unit St Agustinus dan Unit St Gabriel menegaskan keprihatinan akan menumpuknya sampah pada beberapa titik menjadi dasar dari program ini.
“Kami mengamati bahwa sampah yang bertumpuk-tumpuk sudah menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup anggota komunitas ini. Sampah-sampah tersebut tersebar pada beberapa titik terutama di belakang dapur umum komunitas dan wilayah sekitar kampus STFK Ledalero,” katanya.
Sebagai bentuk aplikasi nyata dari program ini, lanjut Frater Venty, pihaknya sudah melibatkan semua frater yang tersebar di tujuh unit. Para frater ini diberi tugas membersihkan sampah sekali dalam sebulan.
“Sampai dengan saat ini, pembersihan sampah berupa pembongkaran dan pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir di Waturia sudah dilakukan beberapa kali. Secara sepintas, sampah-sampah tersebut jumlahnya tidak seberapa. Namun saat dilakukan pembongkaran, sampah-sampah itu ternyata sangat banyak sebab tidak pernah dibereskan sejak bertahun-tahun lalu,” kata Frater Venty.
Frater Venty mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya sesama frater yang sudah berpartisipasi aktif dalam menyukseskan program ini. Menurut dia, kerja sama ini menjadi modal bagi terciptanya lingkungan seminari yang bersih dan sehat.
Sementara itu, Prefek Koordinator Peter Ito Dhogo, SVD saat diwawancarai Seminariledalero.org pada Rabu (16 November 2016) mengapresiasi inisiatif Seksi PU dalam menggalakkan program pembersihan sampah ini. Menurut Pater Ito, selain mengarah pada terciptanya lingkungan bersih, program ini juga menjadi latihan bagi para frater agar semakin peka terhadap kelestarian lingkungan.
“Menurut Kitab Kejadian, Allah menugaskan manusia untuk menakhlukkan bumi dan menguasainya. Perintah ini bukan terutama agar manusia bebas mengeksploitasi alam, melainkan agar manusia memelihara dan melestarikannya. Para frater di Ledalero juga diberi tanggung jawab untuk membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggalnya,” kata Pater Ito.
Disaksikan Seminariledalero.org hasil dari program pembersihan sampah yang digalakkan Seksi PU ini sudah mulai tampak. Sampah yang sebelumnya menggunung di belakang dapur umum dan beberapa tempat lainnya kini mulai berkurang.

Frater Yovan Rante, SVD

No comments:

Post a Comment