Friday, November 4, 2016

FRATER UNIT MIKHAEL BERMISI DI PAROKI BOLA

seminariledalero.org - Frater-frater  Unit St Mikhael mengadakan kegiatan misi di Paroki St Martinus Bola sejak Jumat (28 Oktober 2016) sampai Minggu (30 Oktober 2016). Kegiatan yang diikuti seluruh anggota Unit Mikhael ini  diadakan dalam rangka memaknai Hari Minggu Misi Sedunia ke-90 yang sedianya sudah berlangsung seminggu lalu.
Dalam acara penyambutan di pusat paroki, Pastor Kepala Paroki Bola Romo Arnol Ladjar, Pastor Rekan Romo Willi Boy, anggota DPP dan beberapa umat menerima para frater dengan ramah. Sebagai awal kata dan awal perjumpaan, Romo Arnol memperkenalkan profil Paroki St Martinus Bola kepada rombongan frater.
“Paroki ini didirikan pada 1984 dan ditahbiskan oleh Uskup Agung Donatus Djagom, SVD pada tanggal 22 Juli 1986. Paroki Bola terdiri dari tujuh stasi yakni Stasi Bola, Watukrus, Wojong, Wolonwalun, Wolokoli, Pomat dan Hokor,” jelasnya.
Romo Arnol melanjutkan, dirinya bersama seluruh umat Paroki Bola sangat berterimakasih kepada frater-frater Unit Mikhael yang telah memilih Paroki Bola untuk menjalani kegiatan Minggu Misi. Biasanya dengan kehadiran frater-frater seperti ini akan membawa sebuah penyegaran rohani bagi umat di Paroki Bola.
Terkait kegiatan ini, Wakil Ketua Unit Mikhael, Frater Alvians Buan Teluma, SVD menerangkan bahwa sebanyak 36 anggota unit terlibat aktif. “Anggota unit yang terlibat terdiri dari 29 Frater Tingkat I, 4 Frater Tingkat II, 2 Frater Tingkat V dan seorang Pater pendamping,” katanya.
Frater Alvians melanjutkan, dalam kegiatan Minggu Misi ini ada beberapa kegiatan yang diselenggakan, yakni doa rosario bersama umat di stasi, lingkungan dan di KBG-KBG; kunjungan ke sekolah-sekolah baik SD, SMP maupun SMA; pertandingan persahabatan bersama OMK dan katekese.
Anggota Unit Mikhael Frater Sefri Koa, SVD mengatakan kegiatan minggu misi kali ini sangat menarik karena para frater hadir dengan membawakan dua tema katekese yang sangat aktual, yakni Human Trafficking dan HIV/AIDS atau ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).
Anggota Unit Mikhael lainnya, Frater Kalfin Pala, SVD ketika dimintai kesannya menerangkan bahwa umat di lingkungannya cukup aktif untuk membahas tema katekese yang dipaparkan kepada mereka. “Saya tidak membayangkan bahwa akan banyak umat yang hadir dalam katekese ini. Rupanya tema katekese cukup menyentuh realitas hidup mereka sehingga sharing pengalaman berjalan lancar, hidup dan mengesankan,” kata Frater Kalfin.
Sementara itu, Pastor Kepala Paroki Bola Romo Arnol Ladjar mengatakan, tema katekese yang frater-frater bawakan sangat  sesuai dengan situasi umat di Paroki Bola. Selama ini sudah banyak yang menjadi korban perdagangan orang, tetapi umat kurang peka untuk menyadarinya.
“Sedangkan untuk orang-orang yang mengidap HIV/AIDS ada juga di Kecamatan Bola dan khususnya wilayah Paroki Bola ini, tetapi mereka masih sembunyi-sembunyi. Ada orang yang menangani mereka secara rahasia dan tidak diketahui oleh orang banyak.”

[Frater Frids Talan, SVD].

No comments:

Post a Comment