Thursday, February 9, 2017

Frater Probanis Berbagi Pengalaman TOP di Unit-Unit

seminariledalero.org - Para frater Probanis (Novis Kekal) berbagi pengalaman Tahun Orientasi Pastoral (TOP) mereka kepada para konfrater lainnya di unit-unit. Kegiatan yang menjadi bagian dari pengolahan dan penyerapan pengalaman TOP para frater Probanis ini diadakan pada saat makan malam bersama, Kamis (2/2/2017) pekan lalu.
Disaksikan Seminariledalero.org di Unit St. Rafael, Frater Evan Kumanireng datang berbagi pengalamannya ketika menjalankan masa TOP di Seminari Menengah St. Yudas Tadeus Langgur, Amboina. Menurut Frater Evan, masa TOP merupakan salah satu masa yang sangat penting dalam ziarah hidup membiaranya.
“Saya berangkat ke tempat TOP dengan sebuah keraguan yang besar entahkah saya bisa bertahan atau tidak. Namun pengalaman-pengalaman yang terjadi di tempat TOP telah menguatkan saya untuk kembali dan mempersiapkan diri mengikrarkan untuk kekal tri kaul kebiaraan,” kata Frater Evan.
Selain itu, ia menerangkan bahwa peralihan posisi dari formandi menjadi formator merupakan hal yang menawan. Sebelumnya ia dibina dan di tempat TOP ia menjadi pembina. Meskipun ada juga hal yang menantang dan yang membuatnya ragu, tetapi akhirnya keseluruhan masa TOP dipandangnya sebagai suatu batu loncatan yang membuatnya berani memutuskan untuk melanjutkan jalan kebiaraannya.
“Saya selalu merindukan Seminari Langgur. Bukan karena saya merasa terlalu terikat, tetapi karena di sana saya merasakan apa yang disebut home sweet home. Kerinduan itu akan saya wujudkan dengan melaksanakan petuah semua orang yang berdiam di Komunitas Seminari Langgur yakni meneruskan panggilan saya untuk menjadi Imam,” imbuhnya.
Sementara itu, salah seorang anggota unit St. Rafael Frater Deni Galus SVD menyatakan ketertarikannya pada kisah pengalaman Frater Evan. Menurut frater Tingkat III ini, kisah itu memotivasi dirinya untuk tekun belajar dan menjalani tata tertib kehidupan seminari secara lebih mendalam. “Agar suatu ketika bisa merasakan indahnya masa TOP,” katanya.

Penulis:
Frater Dennis Hayon, SVD


No comments:

Post a Comment