Sunday, February 5, 2017

Provinsial Pimpin Misa Pemakaman Pater Hendrik

Suasana ibadat pemakaman di pekuburan ledalero
seminariledalero.org - Provinsial SVD Ende Pater Leo Kleden SVD memimpin perayaan ekaristi pemakaman Pater Hendrikus Dori Wuwur SVD di Kapel Agung Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Minggu (5/2/2017). Perayaan ekaristi diawali dengan pembacaan riwayat hidup Pater Hendrik oleh Pater Ve Nahak SVD.
Hadir dalam perayaan ekaristi ini Uskup Maumere Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD, Bupati Sikkan Yoseph Ansar Rera, Wakil Bupati Sikka Paolus Nong Susar, Ketua STFK Ledalero Pater Bernardus Raho SVD, Rektor Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, Praeses Ritapiret Romo Philip Ola Daen, 49 imam, biarawan, biarawati, mahasiswa STFK Ledalero, keluarga, dan undangan yang memadati Kapel Agung Ledalero.
            Pater Leo Kleden SVD dalam kata pengantarnya mengungkapkan, sabda Tuhan, “Kamulah garam dunia; kamulah terang dunia”, telah sungguh-sungguh dihidupi oleh Pater Hendrik dalam tugas dan pengabdiannya. Pater Hendrik telah mengabdikan hidup, bakti dan perutusannya untuk melaksanakan amanat Yesus, Tuhan dan Gurunya.  
 “Menurut penyaksian banyak sama saudara dan saya sendiri ingin meneguhkan penyaksian itu, Pater Hendrik Dori sungguh menghayati amanat Yesus ini dengan sepenuh hatinya dalam seluruh hidup bakti dan karyanya. Sebagian besar tugas pengabdiannya sebagai imam Serikat Sabda Allah diabdikan di almamater Ledalero ini. Sebagai dosen ia menuntut banyak sekali dari dirinya,” kata Pater Leo.
Pater Leo mengungkapkan Pater Hendrik selalu mempersiapkan kuliahnya sebaik mungkin, menulis diktat, menerbitakan buku, mempresentasikan bahan melalui power point, membimbing skripsi dan tesis, mengoreksi pekerjaan mahasiswa dengan teliti. Semua tugas ini dikerjakannya dengan disiplin yang luar biasa. Maka tidak heran, ia juga menuntut tanggung jawab besar dari para student,” kata Pater Leo.
Lebih jauh, Pater Leo mengungkapkan Pater Hendrik telah dengan keras melatih para calon imam misionaris melalui teori dan praktik untuk mempersiapkan khotbah dan mewartakan firman dengan sebaik-baiknya. Ia tidak hanya menulis buku sendiri, ia juga melatih para mahasiswa untuk menerbitkan tulisan-tulisan merekadan menginspirasi mereka untuk menghubungkan pewartaan firman dan kesaksian hidup nyata.
Pewartaan dan kesaksian hidup nyata harus digabungkan menjadi satu. Pewartaan tanpa kesaksian hidup itu kosong, kesaksian hidup tanpa pewartaan firman itu bisu, kata Pater Leo.
Dalam bagian akhir khotbahnya, Pater Leo mengungkapkan bahwa dalam tugasnya sebagai dosen sejak dahulu, Pater Hendrik selalu ikut berpikir dan berusaha bagaimana menghubungkan ilmunya yang diberikan di ruang kuliah dengan pengabdian sosial terhadap sesama. Karena itu ia melibatkan diri dalam JPIC.
Ia ikut berpikir bagaimana mencari jalan menolong para pengungsi, menolong para pengintas HIV dan AIDS, membantu anak-anak miskin di sekitar Ledalero. Ia mendirikan taman baca anak-anak. Ia menggairahkan semangat mereka untuk belajar, kata Pater Leo.

Terima kasih
            Sebelum mengantar jenazah Pater Hendrik ke tempat peristirahatan terakhir; perwakilan keluarga, Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, Wakil Provinsial SVD Ende Pater Lukas Jua SVD, secara berurutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pater Hendrik atas segala tugas, pengabdian dan karya yang telah dijalankannya selama ia hidup.
            Perwakilan pihak keluarga secara khusus berterima kasih kepada Serikat Sabda Allah yang telah memperhatikan dan membesarkan Pater Hendrik. Keluarga juga berterima kasih, karena SVD telah dengan setia memperhatikan dan merawat Pater Hendrik selama ia menderita sakit hingga ia mengembuskan napasnya yang terakhir.
            Ucapan terima kasih yang sama juga diungkapkan oleh Bupati Sikka. Bupati secara khusus berterima kasih atas jasa Pater Hendrik dalam membangun kabupaten Sikka pada khususnya dan NTT umumnya.

            Sementara Pater Lukas Jua, SVD mengucapkan terima kasih  kepada pihak keluarga yang telah rela menyerahkan Pater Hendrik untuk menjadi anggota Serikat Sabda Allah. Pater Lukas juga berterima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing mendukung tugas, pelayanan dan pengabdian Pater Hendrik sebagai imam misionaris Serikat Sabda Allah. 


Penulis :
Ferdi Djehaut

No comments:

Post a Comment