Monday, January 15, 2018

29 Fratres SVD Memulai Masa Novisiat Kekal

Seminariledalero.org - 29 fratres Serikat Sabda Allah atau Societas Verbi Divini (SVD) memulai masa novisiat kekal atau probasi periode Januari 2018 hingga Mei 2018. Masa dimulainya probasi ditandai dengan perayaan ekaristi bersama di Kapela Agung Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Desa Takaplager, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Senin (15/1). Ekaristi dipimpin Pater Bill Burt, SVD. Hadir dalam perayaan itu Rektor Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Pater Fransiskus Ceunfin, SVD, Prefek Unit Probanis Santo Fransiskus Xaverius Ledalero, Pater Maksi Manu, SVD. Koor dari para frater Unit Santo Mikhael Ledalero. Awal masa probasi ditandai dengan penyerahan buku panduan novisiat kekal 2018.

PIMPIN MISA – Pater Bill Burt,SVD memimpin misa peringatan pesta Santo Arnoldus Janssen, pembukaan masa novisiat kekal dan insersi di Kapela Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Senin (15/1).
29 fratres itu adalah Fr. Paskalis Pratama Hemad Leuwayan, SVD, Fr. Mikhael Kunses Bani, SVD, Fr. Metodius Buku Boruk, SVD, Fr. Marselinus Narek Untung, SVD, Fr. Iwantinus Agung, SVD, Fr. Ajito Roby Dukarmo, SVD, Fr. Yohanes Un Berek, SVD, Fr. Verdinandes Tuan Sabon, SVD, Fr. Anisetus Oktavianus Talung, SVD, Fr. Yakobus Antonius Ria, SVD, Fr. Modestus Purnomo Sole, SVD, Fr. Kornelius Libu Sogen, SVD, Fr. Yanuarius Silwanus Baku Salu, SVD, Fr. Zakarias Seran Daton, SVD, Fr. Yanuarius Jemy Tafuli, SVD, Fr. Florianus Efrem Bani, SVD, Fr. Yasintus Vitalis Bria Seran, Fr. Yuditus Uranius Keon, SVD, Fr. Wilfridus Anin, SVD, Fr. Servus Agustinus Mere, SVD, Fr. Silvano Keo Bhaghi, SVD, Fr. Adrianus Jeharum, SVD, Fr. Antonius Bisu Markus, SVD, Fr. Florianus Jehaut, SVD, Fr. Fransiskus Selin Gunadi, SVD, Fr. Viktorianus Dale Hikon, SVD, Fr. Michy Emi, SVD, Fr. Erik Ebot, SVD dan Fr. Arkianus Biaf, SVD.  
Frater Arkianus Biaf, SVD mengikuti program insersi masuk kembali ke dalam SVD. 

Berakal Sehat Diilhami Iman
Pater Bill dalam khotbah mengatakan, Santo Arnoldus Janssen yang pestanya diperingati pada setiap tanggal 15 Januari adalah seorang biasa saja, tetapi sungguh berakal sehat diilhami iman. Santo Arnoldus memang seorang yang biasa, tetapi juga sekaligus luar biasa.

“Sebagai seorang misionaris yang berakal sehat diilhami iman, Santo Arnoldus memulai proyek misi SVD. Kita dipanggil melanjutkan karya misi SVD itu,” katanya.
Pater Bill mengatakan, pada hari ini pula, 29 fratres SVD memulai masa novisiat kekal. Dengan akal sehat diilhami iman, mereka menyerahkan diri secara total kepada Allah.

“Kita juga menerima kembali Frater Arkianus Biaf, SVD. Dia sudah kembali ke SVD, ke Provinsi SVD Ende. Program insersi juga dimulai hari ini,” katanya.
Pater Bill mengajak semua umat yang hadir mendukung 29 fratres novis kekal dengan doa dan teladan hidup yang baik. 29 fratres diharapkan mengikuti Santo Arnoldus Janssen dengan menjadi misionaris yang berakal sehat diilhami iman.

“Santo Arnoldus Janssen mendirikan tiga tarekat misi untuk membawa kabar gembira yang berakal sehat diilhami iman. Mari kita berjanji kepada bapa pendiri untuk mewujudkan misi Allah dengan gembira,” katanya.
HADIRI – Para frater novis kekal dan umat lainnya menghadiri misa peringatan pesta Santo Arnoldus Janssen, pembukaan masa novisiat kekal dan insersi di Kapela Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Senin (15/1).


Kenal SVD dan Misi Allah

Ketua Probanis Angkatan 75, Frater Paskalis Leuwayan mengatakan, ia berharap, masa probasi menjadi kesempatan yang berahmat untuk semakin mengenal SVD dan misi Allah. Masa probasi juga menjadi saat yang baik untuk meninjau kembali bakat, potensi dan talenta pribadi bagi pengembangan misi Allah.

“Saya secara pribadi akan memfokuskan diri pada misi dalam bidang pendidikan. Menurut saya, pendidikan adalah penjabaran salah satu matra khas SVD yakni animasi misi,” katanya.


Dua Pertanyaan Dasar

Berdasarkan buku panduan novisiat kekal 2018 yang diperoleh Flores Pos, masa Novisiat kekal (probasi) adalah suatu masa khusus yang disiapkan bagi semua konfrater yang mau mengambil keputusan akhir untuk menyerahkan diri seumur hidup kepada panggilan dan misi Allah Tritunggal Mahakudus dalam SVD. Masa ini dibuat setelah praktik pastoral (TOP/TOM/OTP) selama 6 bulan sebelum mengikrarkan kaul kekal.
HADIRI – Para frater novis kekal dan umat lainnya menghadiri misa peringatan pesta Santo Arnoldus Janssen, pembukaan masa novisiat kekal dan insersi di Kapela Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Senin (15/1).

Program novisiat disusun untuk menjawabi dua pertanyaan mendasar yakni pertama, profil religius SVD macam mana yang ingin dibentuk secara khusus dan intensif sepanjang 6 bulan masa novisiat? Kedua, bentuk formasi macam manakah yang ditawarkan untuk menjawabi profil tersebut?

Oleh Silvano Keo Bhaghi
081 338 520 916
 

No comments:

Post a Comment