Sunday, January 21, 2018

PESTA ST. ARNOLDUS JANSSEN

Seminariledalero.org – Segenap anggota SVD Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero merayakan Pesta St. Arnoldus Janssen di Kapel Agung Ledalero pada, Senin (15 Januari 2018) sore. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Pater William Burt, SVD dan turut meriah perayaan tersebut kor dari para frater wisma St. Arnoldus-Nitapleat serta petugas liturgi lainnya para frater dari wisma St. Yosef Freinademetz.
          Pater Bill Burt, SVD dalam homilinya mengajak segenap anggota SVD dan SSpS yang hadir dalam perayaan tersebut untuk meniru cara hidup St. Arnoldus Janssen. “Dalam perayaan Ekaristi ini kita mengenang 109 tahun wafatnya bapak pendiri kita. Sebagai putra-putrinya, kita harus mencontohi cara hidupnya sebagai abdi Allah yang setia, yang berani untuk memulai sesuatu yang baru; berani untuk bergerak dan mulai mendirikan tiga serikat misi yang hebat yang berkembang sampai sekarang,” kata P. Bill, SVD.
          P. Bill, SVD menambahkan “St. Arnoldus Janssen adalah orang yang berakal sehat. Ia diilhami iman untuk mendirikan proyek misi SVD, SSpS, dan SSpS AP dan mewariskannya kepada kita putra-putrinya. Oleh karena itu, dengan perayaan hari ini, kita diajak dan diharapkan agar dengan akal sehat diilhami iman dalam melanjutkan karya-karya misi tersebut. Kita berjanji untuk berusaha mewujudkan misi St. Arnoldus Janssen dengan gembira,” tegas P. Bill, SVD.
          Selain Perayaan Ekaristi mengenang Pesta St. Arnoldus Janssen yang ke-109, turut dilangsungkan upacara penerimaan 28 frater SVD yang akan menjalani masa Novisiat Kekal dan satu frater yang akan menjalani program insersi. Upacara ini dilangsungkan sesudah bacaan Injil, yang ditandai dengan penyerahan buku program Novisiat Kekal dan program insersi. 28 frater yang akan memasuki masa Novisiat Kekal, yakni: Fr. Agung Iwantinus, SVD, Fr. Anin Wilfridus, SVD, Fr. Baku Salu, Yanuarius Silvanus, SVD, Fr. Bani Florianus Efren, SVD, Fr. Bani Kunses Mikhael, SVD Fr. Berek Un Yohanes, SVD, Fr. Bernardus Mikhael Emi, SVD, Fr. Bisu Markus Antonius, SVD, Fr. Bria Seran Yasintus, SVD, Fr. Buku Boruk Metodius, SVD, Fr. Dale Hikong Viktorius, SVD, Fr. Daton Seran Zakarias, SVD, Fr. Dokarmo Ajito Robi, SVD, Fr. Ebot Yulianus Krisdianto, SVD, Fr. Jehalut Florianus, SVD, Fr. Jeharum Adrianus, SVD, Fr. Keo Baghi Silvianus, SVD, Fr. Keon Yuditus Uranius, SVD, Fr. Leuwayan Paskalis Pratama Hemad, SVD, Fr. Mere Servus Agustinus, SVD, Fr. Narek Untung Marelinus, SVD, Fr. Purnomo Sole Modestus, SVD, Fr. Ria Yakobus Antonius, SVD, Fr. Selin Gunadi Fransiskus, SVD, Fr. Sogen Libu Kornelis, SVD, Fr. Tafuli Yanuarius Jemi, SVD, Fr. Talung Anisetus Oktavianus, SVD dan Fr. Tuan Sabon Verdinandes, SVD. Sedangkan frater yang akan mengikuti program insersi, yakni: Fr. Arkianus Biaf, SVD.
          Fr. Arkianus Biaf, SVD, ketika diwawancarai usai Perayaan Ekaristi mengatakan bahwa dirinya merasa sangat bahagia sebab Serikat Sabda Allah menerimanya kembali untuk hidup dalam komunitas SVD. “Saya selama beberapa tahun hidup di luar, ada kerinduan yang sangat besar untuk kembali ke biara. Puji Tuhan sebab hari ini bertepatan dengan Pesta St. Arnoldus Janssen, saya diterima kembali untuk menjadi anggota SVD. Saya sangat bahagia. Selama ini saya ibarat anak yang hilang dan kini kembali menemukan rumah sendiri yang sudah pernah saya alami dan hidupi bersama anggota SVD,” kata Fr. Arki, SVD.
          Fr. Arki, SVD melanjutkan “Saya berharap agar dengan peristiwa diterimanya kembali menjadi anggota SVD, Saya sanggup membaharui diri dengan melihat segala kelemahan-kelemahan saya selama hidup di luar biara sehingga sungguh menjadi SVD sejati. Saya juga berharap kepada segenap anggota SVD, terkhusus di Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero agar kita bisa saling bekerjasama, saling membantu satu sama lain, dan saling mendukung dalam perjuangan kita demi menjawab undangan dan panggilan Tuhan. Bila ada kekurangan di antara kita, kiranya kita saling melengkapi untuk menyempurnakannya,” ungkap Fr. Arki, SVD.
          Disaksikan oleh seminariledalero.org, Perayaan Ekaristi mengenang 109 tahun wafatnya St. Arnoldus Janssen dan upacara penerimaan para calon Novis Kekal dan Insersi, berjalan lancar. Pemimpin upacara P. William Burt, SVD didampingi oleh 37 imam konselebran. Hadir juga Pater Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, P. Frans Ceunfin, SVD dan dewannya, para bruder, para frater, suster-suster SSpS dari komunitas St. Yosef Wairpelit, karyawan-karyawati dan beberapa umat yang tinggal di luar komunitas Ledalero.

Penulis: Fr. Fridus Talan, SVD.

No comments:

Post a Comment