Thursday, September 13, 2018

69 Frater SVD Tingkat Satu Dilantik Menjadi Lektor dan Akolit





Seminariledalero.org  Sebanyak 69 frater SVD telah dilantik menjadi  Lektor dan Akolit oleh wakil rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pater Yoseph Keladu Koten, SVD  pada Kamis sore (13/9/2018)  di Kapela agung Seminari Ledalero. Upacara pelantikan ini berlangsung dalam perayaan Ekaristi yang dipimpin langsung oleh wakil rektor dan didampingi oleh delapan imam konselebran.
Dalam kata pengantarnya pada awal misa, Pater Yoseph menegaskan bahwa menjadi lektor berarti berani untuk mengambil bagian dalam tugas pewartaan sabda Allah. Tugas ini merupakan  tugas penting dalam perayaan  Ekaristi.
Lalu dalam khotbahnya, imam kelahiran Lewolaga, Flores Timur ini mengatakan bahwa akolit dan lektor adalah dua petugas pelayanan penting dalam perayaan ekaristi. Pelayanan seorang akolit memiliki tiga dimensi: seorang akolit membantu menghadirkan misteri keselamatan yang sedang dirayakan; membantu mengarahkan perhatian umat kepada inti misteri keselamatan, dan secara teknis melayani imam atau diakon yang bersama-sama bertugas melayani Allah dan umat Allah.
Selanjutnya dosen Filsafat pada STFK Ledalero ini menjelaskan bahwa lektor bertugas mewartakan sabda Allah dam ketika mewartakan itu, seorang lektor secara tidak langsung menghadirkan Allah yang setia, yang telah melakukan karya-karya agung kepada manusia, yang maha pengasih dan penyayang.
Pada bagian  lain khotbahnya,  ia menegaskan bahwa kalau dipahami demikian, maka tugas lektor dan akolit itu berat, tetapi  kalau kedua tugas ini dilakukan dengan cinta, maka akan terasa ringan dan menyenyangkan. Yesus tidak meminta kita untuk melakukan hal-hal gampang, tetapi melakukan sesuatu yang mendatangkan kebahagiaan, keselamatan dalam diri orang lain. Tugas pelayanan sebagai lektor dan akolit yang bisa mendatangkan keselamatan tersebut dalam diri umat yang menghadiri perayaan.
Pada bagian akhir dari khotbahnya, prefek utama unit Rafael ini menjelaskan bahwa sebagai lektor dan akolit, para frater yang  dilantik menjadi lektor dan akolit ini harus melakukan tugas-tugas pelayanan dengan penuh kasih dan kemurahan hati. “Semoga sebagai lektor dan akolit, Anda semakin menghadirkan Allah yang penuh kasih dan belaskasihan di tengah umat dan terutama di tengah komunitas ini.
Distributor dan Editor: Flory Djhaut


     

No comments:

Post a Comment