Friday, September 28, 2018

Hendaklah Kamu Saling Mengasihi

seminariledalero.org Jumat (28/9/2018), sehari sebelum upacara pentahbisan 12 orang diakon dari Serikat Sabda Allah (SVD) menjadi imam Tuhan, Mgr. Yan Olla, MSF, Uskup keuskupan Tanjung Selor, Kalimantan Utara memimpin ibadat pemberkatan peralatan dan pakaian misa para calon imam baru di Kapela agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero. Dalam ibadat ini, Mgr.  Yan Olla, didampingi oleh Pater Yoseph Keladu, SVD dan Pater Bernard Boli Udjan. SVD.  “Berani Bersaksi”, demikian tema ibadat ini. Panggilan kemuridan Kristus harus diwujudkan dengan berani memberikan kesakisan hidup sikap saling mengasihi satu sama lain dalam hidup dan karya sehari-hari.

Pater Bernard dalam khotbah singkatnya menekankan pentingnya kesadaran untuk memahami makna yang terkandung secara simbolis dalam peralatan dan pakian misa. Pemahaman ini jugalah yang mesti menjadi inspirasi untuk memaknai seluruh kehidupan dan pelayanan sebagai seorang Imam dan memabantu seluruh umat untuk memaknai Ekarisiti secara lebih dalam, demikian kata Pater Bernard. Lebih lanjut ia mengatakan   bahwa keengganan untuk berkorban juga pernah dirasakan Yesus yang adalah sungguh-sungguh manusia di Taman Getzemani. Keengganan Yesus lantas menjelma menjadi semangat berkorban saat Yesus ingat akan janji kasih setia Allah untuk menyelamatkan manusia. Oleh karena itu, keengganan untuk berkorban hanya bisa diatasi dengan ketekunan untuk makan dan minum Tubuh dan Darah Kristus dalam Piala, Sibori, dan Patena yang kita pegang.
Hadir dalam ibadat ini antara lain, para imam, frater, dan keluarga para calon imam baru. Usai pemberkatan perlengkapan dan pakian misa, dilanjutkan dengan Salve Agung. Keseluruhan kegiatan yang dimulai tepat pukul 18.00 WITA ini berlangsung dengan khusuk diiringi dengan kor dari anggota Kor tahbisan Imam dan Liturgi dari para Frater Unit Gabriel.

Penuli       : Fr. Charly Ka’u, SVD
Editor       : Flory Djhaut

No comments:

Post a Comment