Sunday, September 16, 2018

STFK Ledalero Membuka Yubileum Emas 50 Tahun STFK



Seminariledalero.org  Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero secara resmi membuka Yubileum Emas 50 Tahun STFK Ledalero di Aula St. Thomas Aquinas pada Sabtu (15/9/2018) dalam Opening Ceremony Pembukaan Emas 50 Tahun STFK. Acara ini dipandu oleh Fr. Paskal Leuwayan, SVD  dan Aloysia Lasar, M.Pd.
Dr. Otto Gusti Madung, selaku ketua panitia perayaan Emas STFK menegaskan bahwasannya kegiatan hari ini adalah awal dari seluruh persiapan dan kegiatan menyongsong perayaan puncak pada tanggal 8 September 2019 yang akan datang. “Kita akan melaksanakan berbagai kegiatan, baik yang bersifat akademis maupun yang bersifat non-akademis dan semua itu dipayungi oleh tema perayaan emas kita yaitu, mengendus kebenaran, meraih kebijaksanaan yang tidak lain berakar dari moto STFK sendiri yakni Diligite Lumen Sapientie. Filsafat menantang kita untuk mencari kebenaran, bukan untuk menggenggamnya”, tambahnya.
“Tema perayaan Emas adalah ‘Mengendus Kebenaran, Meraih Kebijaksanaan’ atau dalam bahhasa Latin seperti dirumuskan dalam motto STFK: Diligite Lumen Sapientiae, demikian diungkapkan pater Otto dalam pidatonya.
Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam kurun waktu 50 tahun, lembaga ini telah memancarkan cahaya kebijaksanaan sekurang-kurangnya dalam lima aspek berikut: pertama, sejarah berdirinya STFK  dan usaha pengembangan adalah pancaran cahaya kebijaksanaan  dalam membaca tanda-tanda jaman. Kedua, filsafat sebagai ikhtiar mencari kebijaksanaan. Ketiga, teologi bisa merefleksikan bagaimana Sang Sabda sumber kebijaksanaan itu menjelma tinggal di tengah kita. Keempat, bagaimana sastra dan human sciences turut berperan memancarkan cahaya kebijaksanaan itu, sebagaimana telah dilaksanakan dalam tradisi sekolah tinggi kita. Kelima, bagaimana karya missioner kita  mewujudkan ilham daru Sumber Kebijaksanaan itu dalam praktik pastoral missioner yang nyata di tengah umat.
Usai pidatonya, Dr. Otto Gusti sebagai ketua panitia menekan tombol sirene sebagai tanda dimulainya peluncuran logo 50 Tahun STFK Ledalero. Acara peluncuran logo ini disaksikan langsung oleh Ketua Yayasan Santo Paulus Pater Alphonsus Mana, Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Frans Ceunfin, dan Wakil Ketua Tiga STFK Ledalero Dr. Philipus Ola Daen serta seluruh undangan.
Adapun makna logo sebagaiman disampaikan oleh panitia adalah sebagai berikut. Angka 50 menunjukan usia emas STFK terhitung sejak tahun 1969. Bulatan  kuning yang ada pada angka nol menyimbolkan perayaan emas sekaligus menggambarkan sebuah matahari yang tengah bersandar di sebuah bukit sebagai representasi nama Ledalero. Matahari ini juga melambangkan panggilan dan perutusan bagi seluruh anggota STFK Ledalero. Kalimat yang tertera di bagian bawah logo menunjukan tema perayaan emas sekaligus visi STFK Ledalero.
Perayaan pembukaan ini menjadi kian berwarna karena diselingi dengan berberapa pertunjukan seperti penampilan dari grup musik Tana Tawa, atraksi tarian dari siswa dan siswi SMK Yohanes XXIII Maumere, serta atraksi pelayaran sebuah kapal sebagai simbolisasi perjalanan STFK Ledalero dari awal berdirinya hingga kini dan nanti. Kegiatan ini dilanjutkan dengan seminar bertemakan: “Ilmu-Ilmu Sosial dan Teologi Kontekstual”, dengan pembicara utama Dr. Ignas Kleden.  
Distributor  :  Fr. Charly Ka’u, SVD dan Flory Djhaut
Editor         : Flory Djhaut

No comments:

Post a Comment