Thursday, September 13, 2018

Seminari Ledalero Rayakan HUT SVD ke-143 dan Pesta Keluarga 2018

seminariledalero.org. Bertepatan dengan pesta kelahiran Santa Perawan Maria, segenap warga komunitas Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero merayakan Ekaristi syukur hari ulang tahun (HUT) SVD yang ke-143, dan syukur atas 60 tahun, 40 tahun, dan 25 tahun hidup membiara serta 25 tahun imamat dari beberapa pastor dan bruder pada Jumat (8/9/2018) di Kapela Agung Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero. Perayaan ini dipimpin langsung oleh Pater Emanuel Wero sebagai selebran dan  didampingi oleh  24 imam konselebran. Ada dua moment syukur yang diungkapkan oleh komunitas seminari tinggi dalam perayaan ini. Kedua  hal itu meliputi HUT Serikat Sabda Allah ke-143 tahun, dan syukur atas 60 tahun kaul Pater Otto Bauer,  pancawindu kaul Pater Yanuarius Lobo,  Pater Kondrad Kebung, Pater Marcelinus Moa, Pater Wilhelmus Djulei Conterius, dan  perak Kaul Pater Agustinus Yohanes Senda, Pater Antonius Jemaru, Pater Fransiskus Fulgensius Werong, Pater Maximus Manu, Bruder Lukas Tukan, serta perak imamat Pater Fransiskus Xaverius Weroh.
            Dalam khotbahnya, Pater Kondrad Kebung menghubungkan misteri kelahiran Santa perawan Maria dengan peringatan 143 tahun Serikat Sabda Allah. “Santu Arnoldus Janssen diinspirasi oleh Sabda Allah yaitu Kristus sendiri untuk mendirikan serikat ini tepat pada tanggal 8 september, tepat pada hari kelahiran Santa Perawan Maria. Maria yang memungkinkan Yesus lahir sebagai Sabda cinta kasih Allah kepada Manusia. Yesus merupakan tanda kehadiran Allah di tengah kita”, demikian dikatakan oleh dosen filsafat pada STFK Ledalero ini.
Lebih lanjut, imam pekerja keras ini menegaskan “Sabda cinta kasih ini harus dimiliki, dihayati, dan dimaknai oleh seorang SVD agar ia dapat sepenuhnya mewartakan kasih Tuhan itu kepada siapa saja secara meyakinkan baik dengan kata-kata kita maupun dengan hidup dan karya pewartaan.”  Menutupi khotbahnya, ia   mengajak setiap konfrater SVD seminari tinggi St. Paulus Ledalero untuk berdoa bagi Superior Jenderal dan dewannya, bagi karya misi SVD seluruh dunia, bagi saudari-saudari sependiri, SSpS dan SSpSAP, bagi rumah formasi seluruh dunia, bagi warga komunitas yang tua dan yang sakit di biara Simeon dan bagi karyawan-karyawati.
Sementara itu, Pater Frans Ceunin, selaku rektor dalam sambutannya sebelum menutup perayaan, menyampaikan ucapan terima kasih untuk semua yang terlibat dalam seluruh proses kehidupan komunitas Seminari Tinggi Ledalero selama setahun pada khususnya dan kehidupan SVD pada umumnya. Selain itu, beliau juga mengajak semua anggota komunitas dan siapa saja untuk ikut berpikir tentang pengembangan finansial dan kemandirian komunitas dalam hal finansial.
 
            Seusai perayaan Ekaristi, rangkaian syukur itu dilanjutkan dengan rekreasi bersama di Pantai Krokowolon, bagian timur kota Maumere. Hadir pada kesempatan  itu antara lain komunitas para frater, bruder, dan pastor  Seminari Tinggi Ledalero, komunitas biara Simeon, komunitas pusat penelitian Candraditya Maumere, komunitas perkebunan Patiahu,  para karyawan/i dan pegawai STFK Ledalero, dan para karyawan/i Seminari Tinggi Ledalero. Hadir juga pada kesempatan itu, Suter Ines, Provinsial SSpS Flores Timur bersama anggota dewan provinsi, Suster Emilia Erti, Suster Valentina, Suster Marcelina, dan  Suster Hironima.
Panitia mengadakan berbagai kegiatan perlombaan untuk karyawati, seperti makan kerupuk, junjung botol, lari karung dan gigit sendok dan tarik tambang untuk  karyawan Ledalero dan karyawan Patiahu. Usai perlombaan itu, panitia (red: ketua seksi olahraga) mengumumkan juara dan menyerakan piala kepada tim-tim pemenang di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan selama tiga minggu menyambut pesta keluarga ini. Diserakan juga piagam-piagam penghargaan kepada setiap unit para frater yang telah  berpartisipasi setiap  dalam turnamen yang diselenggarakan dan  hadiah-hadiah lain kepada para karyawan/i.
Demi melengkapi kebahagian kemunitas, tiga orang yang mewakili para jubilaris Bruder. Lukas, P.Wilem,  dan P. Frans  selaku rektor diberi kesempatan memotong kue perayaan syukur hidup membiara dan syukur HUT SVD yang ke 143 tahun. Prosesi pemotongan kue diiringi dengan tepukan tangan meriah dari semua orang yang hadir. Rangkaian acara ditutup dengan santap siang bersama yang disusul dengan goyang ria bersama hingga jam empat sore.

Kontributor     : Fr. Engel Salmon, SVD
Editor              : Flory Djehaut

No comments:

Post a Comment