Tuesday, September 25, 2018

Para Frater dan Bruder SVD Tingkat Satu Ikuti Group Process




Sebanyak 69 frater dan seorang bruder SVD tingkat satu mengikuti kegiatan group process di pantai Waturia, sebelah Utara kota Maumere pada Jumat (21/9/20180 hingga Minggu (23/9/20018).  Kegiatan tahunan ini dibuat dengan tujuan utama untuk mempererat hubungan para frater tingkat satu yang  berasal dari dua  novisiat berbeda yakni, dari Novisiat St. Yosef Nenuk Atambua dan Novisiat Sang Sabda Kuwu Ruteng.  Lebih jauh, kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunitas yang  mampu menghargai perbedaan-perbedaan yang timbul dari perbedaan latar belakang budaya,  bahasa, suku, dan watak. SVD adalah serikat yang berciri khas internasionalitas, sebuah serikat yang anggota-anggotanya berasal dari Negara, suku bangsa, ras, bahasa, dan watak yang berbeda.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari tanggal 20 – 23 September 2018 di pantai Waturia, Maumere dan diikuti  69 frater dan satu orang bruder, serta dibantu oleh enam orang moderator di bawah pimpinan P. Hendrik Maku, SVD. Kegiatan yang berlangsung dalam nuansa persaudaraan dan kekeluargaan ini dibagi dalam beberapa agenda yang diatur oleh para moderator. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah sharing dalam kelompok-kelompok kecil dan pleno bersama sebagai laporan dari hasil sharing kelompok. Kegiatannya dimulai dengan pengenalan identitas diri masing-masing peserta, dilanjutkan dengan pengenalan keluarga, kekhasan budaya dari masing-masing etnis, seminari asal, novisiat asal, dan pengenalan kelompok unit St. Mikael – St. Gabriel. 

Setiap kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengenal latar belakang pembentukan watak dan kepribadian setiap frater. Pengenalan lebih dalam akan latar belakang yang membentuk watak dan kepribadian setiap frater memungkinkan adanya sikap saling menerima dalam hidup berkomunitas. Sampai pada sesi terakhir, semuanya berjalan lancar dan sukses.  “Kami sangat senang karena kalian sangat aktif dan kreatif dalam seluruh rangkaian kegiatan. Sekiranya, kalian membawa segala sesuatu yang kalian peroleh dari kegiatan ini ke seminari untuk diimplementasikan dalam ziarah panggilan kalian ke depannya,” kata Fr. Michy, SVD sebagai perwakilan dari para moderator pada sesi penutup kegiatan ini. 

Penulis             : Fr. Riki Mantero, SVD
Editor              : Flory Djhaut

No comments:

Post a Comment