Sunday, August 14, 2016

145 FRATER SVD MEMBARUI KAUL

Suasana misa pembaruan kaul di unit St.Agustinus, Ledalero

 seminariledalero.org - Senin 15 Agustus 2016, tepat pukul 06.00 Wita, 145 Frater Serikat Sabda Allah (SVD) yang menghuni Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero membarui kaul-kaul kebiaraan mereka dalam SVD. Upacara pembaruan kaul ini berlangsung di unit masing-masing. Perayaan ekaristi pembaruan kaul dipimpin oleh Pater prefek unit masing-masing.
  145 Frater yang membarui kaul-kaul kebiaraan di Seminari Ledalero ini terdiri atas 51 Frater Tingkat II, 33 Frater Tingkat III, 37 Frater Tingkat IV, 15 Frater TOP tahun pertama, 7 Frater TOP tahun kedua, dan 2 Frater yang baru saja menyelesaikan OTP di Jerman. Para Frater TOP lain yang saat ini sedang menjalankan praktik pastoral membarui kaul-kaul kebiaraan mereka di tempat karya mereka masing-masing. Sebelum membarui kaul-kaul kebiaraan, para frater ini mengikuti ret-ret yang berlangsung selama sepekan.
Melalui pembaruan kaul ini, para frater menyatakan kesediaan dan kesetiaan untuk tetap menjadi anggota SVD dan menghayati hidup miskin, murni, dan taat. “Melalui pembaruan kaul-kaul hari ini, saya ingin mempertegas janji dan ikrar kesetiaanku di jalan panggilan ini sebagai seorang Frater SVD,” kata Frater Andrew Parera, SVD yang membarui kaul-kaulnya untuk kali ketiga.
Lebih lanjut, Frater asal Lela yang pandai melukis ini mengungkapkan pembaruan kaul adalah juga pembaruan diri dan cara hidup agar menjadi lebih baik dari hari ke hari. “Saya berterima kasih karena diperkenankan merasakan saat-saat istimewa ini,” katanya.
Sejalan dengan Fr. Andrew, Fr. Vian Talung SVD yang saat ini sedang menjalankan Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di Seminari Menengah San Dominggo Hokeng, mengungkapkan rasa bangganya karena masih diperkenakan untuk membarui kaul. “Saya bersyukur karena Tuhan masih memperkenankanku berada di jalan panggilan ini,” katanya.

Pater juan orong, SVD sedang menumpangkan tangan memberi 
berkat bagi para frater yg membarui kaul-kaul kebiaraan

Frater Vian mengungkapkan komitmennya untuk sungguh-sungguh menampakkan arti pembaruan kaul ini dalam karya pelayanannya di Seminari Hokeng. “Saya akan berusaha agar karya pengabdianku di Seminari Hokeng dapat menjadi kurban bakaran yang dibakar oleh api cintaku pada Allah,” kata Frater yang pandai menyanyi ini.

(Fr.Kristo Suhardi)

No comments:

Post a Comment