Tuesday, March 28, 2017

Frater Unit St. Arnoldus Janssen Ikuti Sosialisasi HIV/AIDS

Seminariledalero.org - Para frater Unit St. Arnoldus Janssen-Nitapleat mengikuti sosialisasi HIV/AIDS di ruang makan unit, Kamis (23/3/2017). Sosialisasi yang dimoderasi Koordinator JPIC Provinsi SVD Ende Pater Eman Embu SVD ini dibawakan Sekretaris KPA Kabupaten Sikka Yohanes Siga dan salah seorang penyintas HIV/AIDS di Kota Maumere.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk respons para frater SVD terhadap Rencana Strategis (Restra) Provinsi SVD Ende dalam menanggapi persoalan HIV/AIDS.
Prefek Unit St. Arnoldus Janssen Pater Hans Lina SVD dalam kata sambutanya mengatakan kegiatan ini merupakan tanggapan terhadap Restra Provinsi SVD Ende dalam mengatasi persoalan HIV/AIDS. Karena itu menurut beliau, kegiatan ini sangat berguna dan penting, karena dapat membekali para agen pastoral dalam melayani umat.
Salah satu persoalan umum yang harus menjadi perhatian khusus para agen pastoral, sebagaimana ditekankan oleh pembicara dalam sosialisasi ini adalah stigma negatif terhadap penderita HIV/AIDS. Bahwa, para penderita HIV/AIDS disingkirkan dalam kehidupan sosial masyarakat. Ini dikarenakan oleh kemiskinan informasi dan pengetahuan tentang HIV/AIDS.
Karena itu, kedua pembicara mengharapkan agar para agen pastoral dapat mensosialisasikan dan memperkenalkan persoalan HIV/AIDS kepada umat. Ini berguna supaya umat mempunyai pengetahuan yang baik tentang HIV/AIDS dan serentak dapat mengubah persepsi mereka terhadap penderita HIV/AIDS.
Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para agen pastoral perihal HIV/AIDS, dan kemudian dapat menjadi bekal dalam melayani umat. Karena persoalan ini ada di tengah kehidupan umat, maka pengetahuan tentang HIV/AIDS sangat penting bagi para agen pastoral dalam melayani umat.
Pater Eman Embu SVD dalam komentar penutupnya menegaskan bahwa “problem ini tidak jauh dari kita. Persoalan ini berada di dalam masyarakat yang (akan) kita layani. Karena itu penting bagi agen pastoral untuk memiliki pengetahuan yang memadai tentang HIV/AIDS, persoalan yang dialami umat”.


Penulis: Frater Rudi Haryatno, SVD

No comments:

Post a Comment