Wednesday, March 1, 2017

Kelompok Diskusi Filsafat Kembali Adakan Diskusi Ilmiah

Seminariledalero.org - Setelah vakum selama beberapa tahun,Kelompok Diskusi Filsafat dan Kelompok Menulis di Koran Ledalero (KMKL)kembali mengadakan diskusi ilmiah, Senin (27/2/2017) malam. Diskusi ilmiahini diadakan di Ruang Teologan STFK Ledalero.
Diskusi ini mengangkat tema aktual “Hermeneutika Gadamer dan Fundamentalisme Agama di Indonesia”. Pembicara dalam diskusi ini adalah Frater Har Yansen SVD dan moderatornya Frater Rio Nanto SVD.
Diskusi ini dihadiri oleh anggota KMKL dan juga beberapa simpatisan. Selain itu, hadir juga pendamping KMKL dan Kelompok Diskusi FilsafatPater Otto Gusti Madung SVD.
Dalam makalahnya, Frater Har menyebutkan dua sumbangan hermeneutika Gadamer dalam mengatasi persoalan fundamentalisme agama di Indonesia. Pertama, gagasan Gadamer tentang seni dan teknik memahami memberikan pelajaran berarti tentang perlunya umat beragama membangun dialog yang hidup dan berkesinambungan supaya bisa saling memahami.
Kedua, untuk masyarakat post-sekuler di mana agama-agama berkiprah di ruang publik, respek merupakan sikap yang tepat dalam relasi antara agama, tapi juga dalam relasi antara agama dan akal budi.
Sementara itu, Pater Otto Gusti dalam komentarnya menyampaikan ucapan selamat kepada penggagas dan anggota Kelompok Diskusi Filsafat Ledalero yang sudah menghidupkan kembali tradisi diskusi ilmiah di Ledalero. Keberadaan kelompok diskusi seperti ini, kata Pater Otto, sangat membantu meningkatkan daya berpikir kritis para frater.
“Semoga kegiatan yang telah dimulai pada malam ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan. Jangan pernah malu atau takut dalam menyampaikan pendapat,” katanya.




Penulis:
Frater Wil Lerisam, SVD

No comments:

Post a Comment