Saturday, August 4, 2018

168 Frater Seminari Ledalero Mengikuti Ret-Ret Pembaruan Kaul


Seminariledalero.org – 168 Frater Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero mengikuti ret-ret pembaruan kaul-kaul kebiaraan mulai tanggal 03 sampai 09 Agustus 2018. Dari 168 para frater yang mengikuti ret-ret, ada 154 orang yang sedang mejalani studi filsafat, 13 orang yang sedang menjalani masa TOP, dan 1 orang yang sedang menjalani masa insersi.
            Para Frater mengikuti ret-ret di unit masing-masing. Unit Santu Rafael yang berjumlah 45 orang dibimbing oleh Pater Simeon Bera Muda, SVD, Dosen Kitab Suci STFK Ledalero, Unit Santu Arnoldus yang berjumlah 35 orang dibimbing oleh Pater Salvator Towari, SVD, pembimbing ret-ret di rumah ret-ret Noemeto Kefa, Unit Santu Yosef yang berjumlah 48 orang dibimbing oleh Pater Patris Pa, SVD, Wakil Provinsial SVD Ende, dan Unit Santu Agustinus yang berjumlah 46 orang dibimbing oleh Pater Yosef Seran, SVD, Mantan Vikjen Keuskupan Agung Ende.

 Ret-ret pembaruan kaul merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai persiapan sebelum membarui kaul-kaul kebiaraan pada tanggal 15 Agustus setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan agar para anggota yang masih berkaul sementara semakin mematangkan pilihannya sebelum membarui kaul-kaul kebiaraan.
Mengakrabkan Diri dengan Kitab Suci
            Di Unit Santu Rafael, Pater Simeon Bera Muda, SVD, dalam khotbahnya pada missa pembukaan ret-ret mengajak para frater untuk mengembara di Belantara Sabda Allah selama sepekan ini. Menurut Pater, sebagai anggota Serikat Sabda Allah, para frater diajak untuk semakin mengakrabkan diri dengan Kitab Suci. Kitab Suci adalah sebuah Belantara yang penuh kekayaan. Siapa pun diperkenankan untuk mengembara di dalamnya. Pengembaraan itu pasti tidak berakhir dengan sia-sia, karena di Belantara itu kita sebagai pengembara akan bertemu dengan Allah, yang menciptakan dunia dan segala isinya dari ketiadaan (creatio ex nihilo).
            “Selama sepekan ini kita diajak untuk mengembara di Belantara Sabda Allah. Sebagai anggota SVD, kita diajak untuk mengakrabkan diri dengan Kitab Suci. Kitab Suci adalah sebuah Belantara yang penuh kekayaan. Siapa pun diperkenankan untuk mengembara di dalamnya. Pengembaraan itu dijamin tidak berakhir dengan sia-sia, sebab di dalamnya kita akan berjumpa dengan Sang Sabda yang menciptkan dunia dan segala isinya dari ketiadaan (creatio ex nihilo)”, kata Pater Simeon. (Penulis Ferdi Jehalut SVD – 081236870052).

No comments:

Post a Comment