Saturday, August 4, 2018

PATER PAULUS BUDI KLEDEN DIPILIH JADI PEMIMPIN SVD SEJAGAT


Seminariledalero.org – Pater Paulus Budi Kleden, SVD, Dosen Teologi STFK Ledalero, terpilih sebagai Pemimpin Umum Serikat Sabda Allah (SVD) sejagad, dalam sidang Kapitel General XVIII di Roma, Rabu, (4/7/2018). Pater Budi menjadi Pimpinan Umum yang kedua belas untuk SVD, sejak didirikannya pada tahun 1875 oleh St. Arnoldus Jansen.
Pater Paul Budi Kleden, SVD (kedua dari kanan)

 
Dengan terpilihnya Pater Budi sebagai Superior General, ia akan memimpin 6005 anggota SVD di seluruh dunia, yang terdiri dari 4185 imam, 528 bruder kaul kekal, 84 bruder kaul sementara, 854 frater, dan 344 frater novis.
Terpilihnya Pater Budi sebagai Pimpinan SVD sedunia merupakan suatu yang menggembirakan. Pater Budi menjadi orang pertama dari Indonesia yang terpilih sebagai Pemimpin Umum SVD sejagad. Selain itu, ia juga menjadi Dosen STFK Ledalero yang kedua yang menjadi Superior General SVD setelah Pater Hendrik Heekeren, SVD yang menjadi Superior General pada 1977-1988.
Pater Budi Kleden lahir di Waibalun, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 16 November 1965 dari pasangan Petrus Sina Kleden dan Dorotea Sea Halan.
Pastor Budi masuk Seminari Hokeng, kemudian melanjutkan persiapan sebagai calon imam Societas Verbi Divini (SVD). Ia bergabung di SVD dengan masuk Novisiat SVD Ledalero tahun 1985. Selanjutnya, Pater Budi belajar Filsafat selama dua tahun di STFK Ledalero. Kemudian ia dikirim ke Sint Gabriel, Jerman, untuk kuliah Filsafat dan Teologi sampai akhirnya ditahbiskan menjadi imam pada 15 Mei 1993. Sesudah ditahbiskan, ia bekerja sebagai pastor pembantu Steinhausen, Swiss.
Tahun 1996-2000 Pastor Paul Budi melanjutkan studi doktor teologi sistematik di Universitas Albert Ludwiq Freiburg, Jerman. Ia kembali ke Ledalero dan mengajar teologi dan filsafat untuk para frater di Sekolah Tinggi Filsafat-Teologi Ledalero mulai tahun 2001.
Ketika menjadi dosen, Pastor Budi sangat aktif menulis buku, menerbitkan tulisan-tulisannya di media massa lokal maupun nasional. Di kelas maupun di luar kelas, Pastor Budi sangat disukai para mahasiswa karena kesederhanaan dan kerendahan hatinya.
Tahun 2005–2008 ia menjadi Wakil Provinsial SVD Ende dan sejak tahun 2012, ia menjabat sebagai anggota Generalat SVD di Roma hingga terpilih menjadi Superior General SVD pada 4/07/2018.
Bangga tapi tidak kaget
Mgr Sunarko, OFM, Uskup Pangkalpinang yang juga sahabat dekat Pastor Budi mengaku sangat bangga, namun tidak kaget. Ia mengaku mengenal kemampuan Pastor Budi. Mgr Sunarko dan Pastor Budi pernah sama-sama menempuh kuliah doktoral teologi di Universitas Albert Ludwid Freiburg, Jerman. Keduanya juga menjadi editor buku “Dialektika Sekularisasi – Diskusi Habermas – Ratzinger dan Tanggapan” yang diterbitkan oleh penerbit Ledalero dan Lamalera pada tahun 2010. “Saya ikut berbangga, meskipun tidak kaget juga, mengingat kemampuan yang dia miliki,” kata Mgr Adrianus di Kompleks Wisma Keuskupan Pangkalpinang, Rabu, 4 Juli sebagaimana dilansir Katoliknews.com.
Selama di Jerman, Mgr Sunarko mengenal sosok yang lahir di Waibalun, Flores Timur ini sebagai pribadi yang memiliki banyak talenta. “Ia banyak talenta, tekun, pandai, juga sebagai suka mencari ide-ide yang baru,” ungkapnya. Ketika terpilih jadi Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus OFM mengaku mendapat ucapan selamat dari Pastor Budi. “Dia mengirim ucapan selamat, dan saya bilang, ‘waduh saya tidak bisa mengajar lagi,’” tutur Mgr Adrianus. Mendengar itu, Pastor Budi mengatakan, “Monsinyur sekarang mengajar untuk seluruh keuskupan.”
Mgr Adrianus OFM tiba di Jerman pada tahun 1996, lalu setahun belajar bahasa. Ia belajar bersama Pastor Budi dari tahun 1997 sampai tahun 2000. “Kami belajar sama-sama teologi dogmatik, dibimbing oleh profesor yang sama,” katanya.
Mgr Sunarko pun mengaku sudah mendengar cerita-cerita sebelumnya dari teman-temannya di SVD ketika bertemu, di mana mereka menyebut Pastor Budi adalah calon kuat. Ia meyakini Pater Budi akan menjalankan tugasnya dengan baik. (Editor Ferdi Jehalut, SVD – 081236870052).

No comments:

Post a Comment