Tuesday, October 3, 2017

Frater Unit Yosef Merayakan Ekaristi di SMANDU



Seminariledalero. Org – Frater Unit St. Yosef Freinademetz dan segenap keluarga besar SMA Negeri 2 Maumere mengikuti Perayaan Ekaristi penutupan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2017 pada Sabtu (30 September 2017)di Aula SMA Negeri 2 Maumere. Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh P. Yohanes Orong, SVD berlangsung meriah di bawah tema “Mewartakan Kabar Gembira Di Tengah Gaya Hidup Modern Masa Kini”.  Koor dari para Frater Unit St. Yosef dan petugas Liturgi lainnya dari siswa-siswi SMANDU.
Para frater besama keluarga besar SMA Negeri 2 Maumere

          P. Yohanes Orong, SVD, dalam homilinya menekankan tiga hal penting, yaitu keserakahan, iri hati dan tidak tahu bersyukur.
“Penginjil Lukas sangat menekankan keserakahan. Keserakahan adalah basis dari segala kejahatan. Segala kejahatan yang diciptakan manusia bermula dari hasrat menimbun harta kekayaan di dunia ini. Surat Yakobus melukiskan ketika orang genjar untuk menimbun harta benda, maka orang lain akan menjadi korban. Iri Hati adalah akar dari kejahatan. Ketika orang iri hati, orang lain dianggap sebagai musuh. Segala hal yang dibuat oleh orang lain selalu dinilai buruk. Sedangkan orang yang tidak tahu bersyukur lagi, ia akan menempatkan dirinya sebagai orang yang paling malang dan akan berusaha untuk menimbun banyak harta benda,” kata P. John.
          P. John Orong, SVD juga mengatakan “Doa seorang yang serakah sering dipakai untuk memenangkan ego. Ia akan berusaha mengatakan suatu kebenaran demi menutupi kebusukannya. Sedangkan orang yang berbahagia adalah orang yang selalu menempatkan dirinya untuk bersyukur dan berterimakasih. Dengan demikian, kita diajak untuk selalu bersyukur. Ketika kita meninggal dan kembali ke surga, Tuhan tidak akan bertanya “sudah berapa harta yang Anda peroleh?” Tetapi Tuhan akan bertanya “ sudah berapa orang yang Anda bantu dengan uang yang didapat?” Bersyukurlah atas kehidupan dan jangan pernah bermusuhan dengan sesama,” kata Prefek Unit St. Agustinus. 
 
Tampak berbatik merah Kepala Sekolah SMANDU bersama guru-guru dan siswa-siswi
Drs. Hendrikus Sega, kepala Sekolah SMA Negeri 2 Maumere, ketika diwawancarai usai Perayaan Ekaristi, mengatakan bahwa segala pelayanan dari para frater sangat baik dan membanggakan.
“Segala pelayanan dari para frater sangat baik dan membanggakan. Saya melihat katekese yang dibawakan selama Bulan Kitab Suci Nasional ini sangat cocok dengan karakter siswa-siswi. Saya juga mengapresiasi pelayanan untuk SMA Negeri 2 Maumere, lewat koor dalam Perayaan Ekaristi penutupan Bulan Kitab Suci Nasional 2017. Saya berharap agar kegiatan seperti ini dilanjutkan tahun depan. Jika memungkinkan 6 bulan sekali diadakan kegiatan serupa,” kata Pak Hendrikus. 
Tampak berbaju putih P. John Orong, SVD bersama guru-guru SMANDU

Vebinia Maria Mo’o Sonanggai,  salah seorang siswi SMA Negeri 2 Maumere, mengatakan bahwa selama Bulan Kitab Suci Nasional, banyak hal praktis yang didapat lewat kehadiran para frater dalam berkatekese hingga pelayanan misa penutupan BKSN 2017.
“Saya merasa bersyukur sebab selama Bulan Kitab Suci Nasional banyak hal praktis yang didapat dari para frater ketika berkatekese sebab hal-hal yang dibicarakan sangat berkaitan dengan kehidupan kami. Saya berharap agar kegiatan katekese dan misa bersama terus dilanjutkan untuk tahun-tahun berikutnya,” kata Siswi kelas XI IPA.

Penulis: Fr. Frid Talan, SVD

No comments:

Post a Comment