Friday, October 6, 2017

Mgr. Hilarion Datus Lega Berkat Perlengkapan Misa Calon Imam Baru



Seminariledalero.org – Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr. memberkati perlengakapan misa keduabelas calon imam baru di Kapela Agung Seminari Tinggi Ledalero, Jumat (06/10/2017). Perlengkapan misa yang diberkati antara lain: patena, piala, kasula, dan beberapa perlengkapan misa lainnya.
            Upacara pemberkatan didahului ibadat singkat yang dipimpin oleh Yang Mulia Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr. Mgr. Hila yang saat ini menjabat sebagai Uskup Manokwari Sorong itu, memberkati perlengkapan misa yang yang akan digunakan oleh keduabelas calon imam baru yang akan ditahbiskan besok (Sabtu, 07/10/2017) itu, setelah Pater Wiliam Burt, SVD membawakan renungan singkat.
            Dalam renungkannya Pater William yang saat ini menjabat sebagai anggota Dewan Rumah Seminari Tinggi Ledalero, mengajak para calon imam baru untuk merenungkan tiga tema yang biasa didengungkan oleh Paus Fransiskus dalam khotbah-khotbanya. Ketiga tema itu ialah kerahiman, kehadiran, dan pelayanan.
            Menurut Pater, sebagai Pemimpin Gereja Katolik, Paus Fransiskus mengharapkan agar imam-imam di seluruh dunia mengikuti teladanNya dan sungguh memperhatikan aspek-aspek misi Allah ini yang begitu penting, yakni kerahiman, kehadiran, dan pelayanan.
            “Saya harap supaya saudara-saudara mengingat tema ini baik dalam pewartaanmu sebagai pengkotbah atau pewarta injil maupun dalam karya misi dan pelayanan yang akan saudara-saudara jalankan sebagai imam di tengah masyarakat,” kata Pater Bill.
            Lebih jauh Pater mengharapkan perlengkapan misa yang akan diberkati oleh Bapa Uskup selalu dilihat sebagai lambang penghayatan panggilan imam para calon imam baru. Menurut Pater hal itu penting karena betapa hebatnya kerahiman Allah dan betapa pentingnya kehadiran seorang penginjil di tengah masyarakat dan betapa mulianya pelayanan terhadap orang-orang kecil.
            Setelah Pater Bill mengakhiri renungannya, Uskup Hila yang didampingi oleh Pater Yanuarius Lobo, SVD (anggota Dewan Rumah) dan Pater William Burt, SVD menuju ke sebuah meja kecil di sisi kanan altar untuk memberkati perlengakapan misa para calon imam baru. Setelah pemberkatan selesai dilanjutkan dengan salve bersama yang dipimpin oleh Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr.
            Hadir dalam kegiatan ini semua anggota komunitas Seminari Tinggi Ledalero baik para pater maupun para frater, para orangtua dan keluarga keduabelas diakon yang akan ditahbiskan, serta umat beriman lainnya. (Fr. Ferdi Jehalut, SVD)

No comments:

Post a Comment