Sunday, October 1, 2017

Rekreasi Bersama Wisma St. Agustinus

Seminariledalero.org
Para penyanyi bergantian menyumbangkan lagu-lagu. Di sudut kiri depan, kelompok akustik mengumandangkan alunan melodi dari berbagai genre lagu. Para pater dan frater tampak mengayunkan tubuh mereka mengimbangi harmoni musik. Demikianlah suasana meriah rekreasi bersama yang diadakan oleh unit Agustinus.
“Acara rekreasi bersama dalam unit ini sudah menjadi tradisi yang diadakan setiap akhir bulan di wisma Agustinus dan dimeriahkan oleh berbagai kreativitas anggota unit,” ungkap Frater Toni Goran, selaku ketua unit St. Agustinus.
Fr. Riko Kornelis, SVD menyanyikan lagu Begadang



Seremoni kekeluargaan ini terjadi pada hari Jumat (28 September 2017) malam dan bertempat di kamar makan. Selain berekreasi, acara tersebut dijadikan sebagai momen perpisahan dengan Pater Yosef Kusi, SVD. Pater Yosef sudah tidak lagi menjabat sebagai prefek unit Agustinus sejak adanya penempatan tugas baru sebagai ekonom di Patiahu.
“Saya banyak belajar dari konfrater sekalian selama menjadi prefek di unit. Semua pengalaman tersebut sangat bermanfaat dan bermakna bagi masa depan dan panggilan saya,” kata P. Yosef Kusi, SVD, saat memberikan kata sambutan.
Pada kesempatan yang sama, P. Juan Orong, SVD, selaku pater prefek, menyampaikan ucapan terimakasih atas pelayanan P. Yosef, SVD, selama ini. P. Juan, SVD menyampaikan bahwa ia sudah kenal  dengan P. Yosef, SVD sejak lama. Saat masih menjabat sebagai prefek di unit, sudah banyak sekali kontribusi yang dibuat P. Yosef terhadap komunitas dan terhadap para konfrater muda unit Agustinus.
“Semoga kerjasama kita akan terus berlanjut meskipun sudah berpindah tempat tinggal,” kata P. Juan Orong, SVD, saat menutup kata sambutannya.
Akustik unit Agustinus memeriahkan suasana malam.
Menjelang pukul 21.00 malam, beberapa konfrater yang tergabung dalam kelompok minat musik vokal dan akustik mulai membawakan lagu-lagu pengiring. Fr. Budi Syukur, SVD membukanya dengan lagu Pergilah Kasih. Kemudian disusul dengan beberapa lagu dangdut seperti Begadang yang dibawakan oleh Fr. Riko Kornelis dan Rindu oleh Fr. Viland Nasrudin. Lagu-lagu daerah juga sempat dibawakan, seperti lagu Bonita dari Timor Leste dan lagu Maumere Manise.
“Semua acara yang dibawakan malam ini sudah ditugaskan kepada para konfrater yang tergabung dalam kelompok minat musik. Untuk perayaan bulan depan, semua mata acara menjadi tanggungan para konfrater dari kelompok minat lain,” ungkap Fr. Kris Ibu, SVD, selaku ketua seksi acara unit.
Para frater menemani P. Yosef Kusi, SVD bermain kartu.
Berdasarkan kerjasama dari seksi acara dan staf inti unit Agustinus, semua anggota unit telah dibagi ke dalam beberapa kelompok minat. Kelompok-kelompok minat tersebut antara lain, kelompok minat musik vokal, musik instrumen, sastra, seni peran dan lawak. Pembagian semacam ini dapat memperlancar setiap acara bersama yang diselenggarakan di unit. Untuk bulan-bulan berikutnya, setiap anggota kelompok minat tersebut akan mendapat kesempatan untuk tampil.
Acara rekreasi bersama malam ini dihadiri oleh semua anggota unit, para pater prefek dan mantan prefek serta beberapa konfrater berkaul kekal yang dulu pernah tinggal di unit Agustinus. Seluruh acara berjalan dengan sangat lancar dan berkesan. Tepat pukul 23.00 seluruh rangkaian acara berakhir.

( Fr. Geovanny Calvin, SVD)

No comments:

Post a Comment