Monday, September 12, 2016

58 Frater Tingkat I Ikuti Group Process

seminariledalero.org - 58 frater Tingkat I mengikuti kegiatan Group Process di Pantai Waturia selama tiga hari, Jumat-Minggu (2-4 September 2016). Kegiatan yang bertujuan membantu para frater untuk saling mengenal ini dibimbing Direktur Sumur Yakub, Pater Yanus Lobo, SVD.
Pater Yanus dalam kata sambutannya saat membuka kegiatan ini menegaskan, Group Process merupakan kesempatan yang baik bagi para frater untuk saling mengenal satu sama lain. “Kita mengenal satu sama lain bukan sebatas nama melainkan lebih dari itu, mengenal watak, kepribadian, dan karakter masing-masing.”
Pater Yanus  melanjutkan, kegiatan Group Process bertujuan untuk membangun ikatan persaudaraan sebagai satu keluarga besar Serikat Sabda Allah. Menurut Pater Yanus, suasana persaudaraan hanya bisa dibangun jika para frater saling mengenal secara lebih mendalam.
Group Process ini diisi berbagai macam kegiatan. Pada sesi pembuka setiap frater diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri dan lingkungan keluarga. Selanjutnya, para frater dibagi ke dalam kelompok-kelompok etnis, seminari, dan novisiat untuk menggali nilai-nilai dan kebudayaan yang turut membentuk kepribadian dan watak masing-masing.
Salah seorang peserta, Frater Erwin Bastian, SVD ketika ditanyai kesannya mengenai kegiatan ini mengungkapkan, kegiatan ini sangat luar biasa. Ada banyak pengalaman menarik yang dirasakan terutama bagaimana setiap orang mengenal satu sama lain secara lebih mendalam.
“Setelah kegiatan Group Process, para frater kelihatan begitu akrab. Saya berharap, suasana ini dibawa terus sampai ke Komunitas Ledalero pada khususnya dan Komunitas SVD pada umumnya,” katanya.

[Ferdi Jehalut]

No comments:

Post a Comment