Thursday, September 15, 2016

59 FRATER DILANTIK JADI LEKTOR DAN AKOLIT



seminariledalero.org - 58 frater Tingkat I dan 1 frater Tingkat II dilantik menjadi lektor dan akolit dalam misa komunitas di Kapel Agung Seminari Tinggi Ledalero, Kamis (15 September 2015) petang. Perayaan konselebrasi yang dirangkaikan dengan peringatan Santa Perawan Maria Berdukacita ini dipimpin selebran utama Pater Bernard Boli Ujan, SVD.
Hadir dalam perayaan ini Rektor Seminari Tinggi St Paulus Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, Prefek Koordinator sekaligus Prefek I Unit Mikael Pater Ito Dhogo SVD, Prefek I Unit Gabriel Pater Fredy Sebho SVD dan para Pater Prefek.  Hadir juga beberapa imam dan bruder anggota Unit Paulus, para frater, suster dan beberapa karyawati.
Disaksikan seminariledalero.org, upacara pelantikan lektor dilaksanakan sebelum liturgi sabda. Sedangkan upacara pelantikan akolit dilakukan sebelum liturgi ekaristi. Pelantikan ditandai dengan penyerahan Kitab Suci dan patena berisi hosti, amanat imam, doa dan berkat bagi para lektor dan akolit. Tidak ada kotbah dalam perayaan yang dimeriahkan kelompok kor para frater dari Unit Yosef Freinademetz ini.
Prefek Koordinator sekaligus Prefek I Unit Mikael, Pater Ito Dhogo SVD, saat dimintai komentarnya usai perayaan menegaskan tugas utama yang mesti dijalankan seorang biarawan misionaris SVD adalah melayani sabda dan ekaristi. Pelantikan menjadi lektor dan akolit, kata Pater Ito,  menjadi titik awal bagi para frater untuk memahami makna sabda dan ekaristi, serta mulai menjalankan tugas pelayanan itu dengan sungguh-sungguh.
“Namun perlu disadari bahwa untuk menjadi pewarta sabda dan pelayan sakramen ekaristi yang baik, seorang lektor dan akolit mesti terlebih dahulu menghidupi sabda dan ekaristi itu dalam dirinya. Karena itu, para frater yang baru dilantik diharapkan untuk tekun membaca Kitab Suci dan setia mengikuti perayaan ekaristi,” tegas Pater Ito.
   Seorang peserta pelantikan, Frater Stevanus Suryadin Pani SVD, mengatakan upacara pelantikan ini menjadi kesempatan bagi dirinya untuk semakin memaknai luhurnya tugas menjadi lektor dan akolit. Sejak Novisiat, kata Frater Stevanus, dia bersama teman-temannya memang sudah menjalankan tugas sebagai lektor dan akolit, tapi belum menerima pelantikan.
Sebelumnya, pada Rabu (14 September 2016), ke-59 frater ini mendapat pembinaan dan penjelasan terkait lektor dan akolit yang dibawakan Moderator Seksi Liturgi Pater Ignas Ledot, SVD. Pada kesempatan tersebut, Pater Ignas antara lain menjelaskan tugas-tugas lektor dan akolit, serta kebajikan-kebajikan mendasar yang mesti dimiliki dan dihidupi seorang lektor dan akolit.

Frater Yovan Rante, SVD




No comments:

Post a Comment