Thursday, September 8, 2016

SEMINARI LEDALERO RAYAKAN HUT KE-79

seminariledaero.org - Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero Maumere merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 dalam perayaan ekaristi meriah di Kapel Agung Ledalero, Kamis (8/9). Perayaan ekaristi syukur ulang tahun seminari SVD terbesar sejagat ini bertepatan dengan Pesta Kelahiran Santa Perawan Maria dan HUT ke-141 Serikat Sabda Allah (SVD).
Perayaan ekaristi syukur ini dipadukan juga dengan ungkapan syukur atas 40 tahun imamat dari Pater Henricus Dori Wuwur SVD, 25 tahun imamat dari Pater Alfons Agust Duka SVD, dan 25 tahun dalam kaul-kaul kebiaraan dari Bruder Silvester Huba SVD, Pater Kanis Bhila SVD, dan Pater Hubert Tenga SVD.
Hadir dalam perayaan ekaristi ini segenap anggota Komunitas Ledalero yakni para Pastor, para Frater, Suster, Bruder, dan karyawan dan karyawati yang mengabdikan hidupnya di Ledalero beserta keluarga mereka. Kor dipersembahkan oleh para Frater unit Arnoldus Nitapleat dan liturgi ditanggung oleh para Frater unit Santo Yosef Freinademetz.
Pater Kanis Bhila SVD dalam pengantar singkatnya pada awal perayaan ekaristi mengungkapkan bahwa Tuhan sendirilah yang telah menguatkan dan meneguhkan langkah kaki mereka hingga saat ini. Pater Kanis mengungkapkan keyakinan imannya bahwa Tuhan tidak memilih orang yang kuat, melainkan Tuhan sendirilah yang akan menguatkan orang yang dipilihNya.
Sementara Pater Alfons Agust Duka SVD dalam khotbahnya mengungkapkan Bunda Maria merupakan sosok dengan ciri diri yang selalu terhubung dengan Yesus. Bagi Maria, kata Pater Agus, Tuhan Yesus adalah sumber inspirasi dan dasar dari spiritualitasnya.
“Maria masuk dalam jaringan Yesus. Ia menjadi simbol dari Bunda Allah dan Bunda Gereja. Misi Yesus adalah misi Maria. Hidup Yesus adalah hidup Maria. Mistik Maria adalah masuk dalam jaringan Yesus sebagai simbol. Mistik Maria ini kiranya juga menjadi mistik SVD,” kata Pater Agus.
Lebih lanjut, Dosen Komunikasi pada STFK Ledalero ini mengungkapkan Seminari Tinggi Ledalero dalam usianya yang kini mencapai 79 tahun telah mengambil bagian dalam simpul jaringan dari misi Yesus. Simpul ini, kata Pater Agus, mesti mampu dipancarkan kepada orang lain lewat tindakan kasih dan perhatian kepada orang-orang tersisih.
Rektor Ledalero, Pater Kletus Hekong SVD, dalam sapaan singkatnya menyampaikan terima kasih kepada Pater Hendrik, Pater Kanis, Pater Agus, Pater Hubert dan Bruder Sil yang telah dengan rela menerima misi Allah dan misi SVD.
“Mereka telah mengabdikan hidup dan karya mereka untuk kepentingan lembaga pendidikan ini. Kita berterima kasih untuk pengabdian dan pelayanan yang telah mereka tunjukkan,” kata Pater Kletus.

(Kristo Suhardi)

No comments:

Post a Comment