Thursday, September 14, 2017

Frater Unit St. Mikhael Adakan Katekese di SMANSA Maumere



Seminariledalero.org
Sebanyak 42 frater Serikat Sabda Allah dari unit St. Mikhael mengadakan katekese di SMA Negeri 1 Maumere pada Rabu (13 Sepetember 2017). Kegiatan katekese ini dalam rangka mengisi Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) tahun 2017 dengan tujuan untuk berbagi Sabda dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Maumere. Selain itu juga katekese yang diadakan bertujuan untuk pembentukkan dan pendalaman iman. 
Para frater Unis St. Mikhael berpose di halaman SMA Negeri 1 Maumere

Adapun tema umum katekese yang dibawakan oleh para frater, yaitu “Kabar Gembira di Tengah Gaya Hidup Modern.” Tema umum ini disiapkan oleh Lembaga Biblika Indonesia (LBI) dengan memiliki empat subtema untuk empat pertemuan mingguan, yaitu: pertama, Kabar Gembira di Tengah Arus Zaman Teknologi; kedua, Kabar Gembira di Tengah Arus Zaman Materialisme; ketiga, Kabar Gembira di Tengah Zaman Individualisme; dan keempat, Kabar Gembira di Tengah Arus Zaman Hedonisme.
Ketua unit St. Mikhael, Fr. Lambertus Sie, SVD ketika dimintai keterangannya tentang situasi awal penerimaan dari pihak sekolah dan bagaimana proses kegiatan katekese dilaksanakan, dirinya mengatakan “Rombongan para frater  tiba di lokasi kegiatan tepat pukul 15.30. Kedatangan para frater disambut hangat oleh semua staf pengajar dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Maumere. Kondisi yang kondusif  dalam lingkungan sekolah turut mendukung semangat para frater untuk melaksanakan kegiatan katekese. Seusai dijamu, para frater langsung diarahkan  menuju ke ruangan kelas masing-masing yang telah dibagikan. Secara umum kegiatan katekese yang dilaksanakan berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan, kendatipun durasi waktu yang disiapkan hanya satu setengah jam. Para peserta katekese sangat antusias dan serius dalam mengikuti kegiatan ini, sampai-sampai ada beberapa kelompok yang melaksanakan kegiatan melebihi durasi waktu yang telah ditentukan,” kata Fr. Ertus Sie, SVD.
Fr. Ertus Sie, SVD menambahkan “Kegiatan katekese yang sudah berjalan ini akan berlangsung setiap hari Rabu selama Bulan Kitab Suci Nasional ini,” kata Fr. Ertus Sie, SVD.


Sementara itu, Fr. Edy Huler, SVD ketika ditanyai kesannya terhadap kegiatan katekese yang sudah diadakan, ia mangatakan “Kegiatan ketekese pada pertemuan pertama berjalan baik. Saya mengamati waktu satu setengah jam terasa begitu cepat. Kendatipun demikian, adalah sebuah hal yang pasti bahwa baik fasilitator maupun para peserta katekese telah mendapatkan hal-hal yang berharga dari kegiatan katekese pada pertemuan pertama ini dengan subtema Kabar Gembira di Tengah Arus Zaman Teknologi,” kata Fr. Edy Huler, SVD.

Fr. Tonce Labuan, SVD

No comments:

Post a Comment