Tuesday, September 5, 2017

20 Frater Unit St. Yosef Bermisi di Nitakloang



Seminariledalero.org.
          Sebanyak 20 Frater unit St. Yosef Freinademetz bermisi di Nitakloang pada Sabtu (2 September 2017) pukul 09.00 WITA. Para frater bermisi dengan menanggung koor dalam Ekaristi pemakaman Bapak Herman Masing, yang telah meninggal dunia pada Kamis (31 Agustus 2017) di Maumere.
Anggota koor dari unit St. Yosef Freinademetz
          Hadir dalam misa rekuiem ini pastor paroki St. Thomas Morus Maumere, Rm. Lorens Noi, Pr selaku pemimpin perayaan Ekaristi, mantan Bupati Sikka, Pak Alex Longginus bersama isteri, para frater dan ratusan umat Allah yang hadir untuk mendoakan kepergian Bapak Herman Masing.
          Rm. Lorens Noi, Pr dalam khotbahnya menekankan bahwa manusia yang baik adalah manusia yang selalu hidup sebagai anak-anak Allah, selalu menolong sesama yang menderita, berkorban demi orang lain, mau berbagi dari kekurangan, hidup rukun dan damai. Karena itu ketika ia mati, ia akan kembali ke rumah Bapa. “Manusia yang baik adalah manusia yang hidupnya diwarnai  dengan kebaikan. Hidup rukun dan damai. Hidup dalam kasih persaudaraan. Maka, ketika ia meninggal dunia, ia akan kembali ke rumah Bapa,” kata Rm. Lorens, Pr.
Rm. Lorens Noi, Pr memberkati makam Almarhum Bapak Herman Masing
          Rm. Lorens menambahkan, “Ketika di dunia alam ini kita memilih yang lain, hidup dalam kebencian, dengki dan iri hati atau hidup tidak berkenan dengan apa yang diajarkan oleh Yesus Kristus, maka konsekuensinya jelas kita akan hidup dalam dunia arwah yang paling bawah. Oleh karena itu, untuk menghadapi situasi kematian kita harus yakin bahwa sekalipun badan kita masuk ke dalam rahim bumi, tetapi jiwa-jiwa yang telah disucikan boleh bersukacita bersama Allah di dalam kerajaan surga,” kata Rm. Lorens.
Sementara itu frater tingkat III, Fr. Only Manu, SVD, ketika ditanyai tentang misi menanggung koor pada misa pemakaman Bapak Herman Masing, dirinya menyatakan bahwa dengan menghadiri suatu misa pemakaman tentu kita sebagai umat Allah secara langsung mendoakan dan mengiklaskan kepergian orang yang telah meninggal. “Dengan bermisi ke tengah-tengah umat, apalagi menanggung koor pada suatu misa pemakaman seperti ini, kita sebagai umat Allah secara langsung hadir untuk mendoakan sesama kita yang telah mendahului kita. Semoga Bapak Herman Masing yang kita doakan pada kesempatan ini senantiasa berbahagia bersama para kudusnya dalam kerajaan surga,” kata Fr. Only Manu, SVD.
 
Penulis: Fr. Fridus Talan, SVD

No comments:

Post a Comment