Wednesday, September 13, 2017

Para Frater Unit St. Rafael Adakan Katekese di SMK St. Matilda Maumere  Mengisi Bulan Kitab Suci Nasional 2017



Seminariledalero.org – Para Frater Unit Santo Rafael Ledalero mengadakan katekese di SMK St. Matilda Maumere, Sabtu (09/09/2017). Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati bulan Kitab Suci Nasional tahun 2017.
Tema umum yang diangkat dan dibahas dalam katekese ini mengikuti tema bulan Kitab Suci Nasional tahun 2017, yakni ‘Kabar Gembira di Tengah Gaya Hidup Modern.’ Dalam perencanaannya kegiatan katekese ini dilaksanakan pada setiap hari Sabtu dalam bulan September dengan subtema yang berbeda-beda untuk setiap pertemuan. Pada pertemuan pertama, Sabtu (09/09), para peserta diajak untuk merenungkan subtema “Kabar Gembira di Tengah Arus Zaman Teknologi” dengan inspirasi biblis dari kitab Kejadian 11:1-9, kisah tentang pembangunan menara Babel.
            Tema ini sangat menarik karena berkaitan langsung dengan kehidupan anak-anak muda zaman ini yang tidak luput dari pengaruh perubahan zaman yang nyata dalam berbagai teknologi canggih yang hadir dalam dunia saat ini,” kata salah seorang guru SMK St. Matilda Maumere yang tidak ingin disebutkan namanya ketika ditanyai pendapatnya tentang tema yang direnungkan dalam katekese kali ini.
Disaksikan Seminariledalero.org, tampak siswa-siswi begitu semangat dan antusias mengikuti katekese. Dalam kesempatan syering mereka mengemukakan berbagai manfaat dan kerugian dari penggunaan teknologi-teknologi canggih yang selama ini mereka alami. Beberapa di antaranya juga menyeringkan pengalaman buruk ketika mereka menjadi korban atau terjerumus dalam lubang kegelapan yang telah disiapkan oleh teknologi-teknologi canggih itu.
Selain itu, mereka juga menyeringkan pengalaman ketika menjadi korban penipuan, kegagalan dalam belajar, keretakan relasi dengan teman, dan berbagai macam pengalaman buruk lainnya. Menurut salah seorang siswi yang menyeringkan pengalaman semacam itu, pengalaman-pengalaman buruk itu kemudian meneguhkan mereka untuk membangun sebuah komitmen baru untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan sebaik-baiknya terutama untuk kepentingan belajar mereka.   

Penulis: Fr. Edo Putra, SVD    

No comments:

Post a Comment