Friday, October 21, 2016

FRATER KUNJUNGI PAROKI DAN KOMUNITAS MUSLIM

Minggu Misi, Sebagai bentuk pemaknaan terhadap Hari Minggu Misi Sedunia ke-90 yang jatuh pada 23 Oktober mendatang, para frater dari lima unit di Seminari Tinggi St Paulus Ledalero mengunjungi empat paroki dan satu komunitas umat Muslim

seminariledalero.org - Sebagai bentuk pemaknaan terhadap Hari Minggu Misi Sedunia ke-90 yang jatuh pada 23 Oktober mendatang, para frater dari lima unit di Seminari Tinggi St Paulus Ledalero mengunjungi empat paroki dan satu komunitas umat Muslim. Kunjungan yang dikelompokkan berdasarkan unit masing-masing ini berlangsung sejak Jumat (21/10) siang sampai Minggu (23/10) sore. 
Berdasarkan informasi yang dihimpun dari masing-masing unit, para frater Unit Agustinus mengunjungi umat di Paroki Maulo’o, Unit Yosef Frainademetz ke Paroki Wolowaru, Unit Gabriel ke Paroki Moni, Unit Rafael ke Paroki Maurole dan Unit Arnoldus Janssen Nitapleat mengunjungi komunitas umat Muslim di Geliting-Kewapante. Sedangkan para frater Unit Mikhael baru melaksanakan kegiatan yang sama pada pekan depan di Paroki Bola, karena terhalang kegiatan lain di unit.
Ketua Umum Fratres Seminari Tinggi Ledalero Frater Arvin Ea, SVD menegaskan dirinya bersama seluruh frater sangat antusias menyambut kegiatan ini. Hidup bersama umat, kata Frater Arvin, merupakan kesempatan berharga untuk membarui semangat solidaritas dan komitmen misioner semua umat.
“Tugas menjadi rasul, mewartakan Injil dalam aksi dan perkataan, bukan semata-mata tugas imam dan biarawan-biarawati. Tugas tersebut merupakan tanggung jawab semua umat terbaptis. Oleh karena itu, kegiatan Minggu Misi ini kiranya bisa membentuk semangat misioner dalam diri semua umat,” kata Frater Arvin.
Sementara itu, Ketua Seksi Kerasulan dan Kitab Suci  Seminari Tinggi Ledalero Frater Rovin Naben, SVD menerangkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan para frater di tengah umat adalah hidup dan bekerja bersama umat, mengadakan katekese, doa bersama dan merayakan ekaristi.

Terkait katekese, lanjut Frater Rovin, pihaknya sudah menyiapkan materi mengenai perdagangan manusia (human trafficking) dan HIV/AIDS. Pemilihan kedua topik ini, lanjut Frater Rovin, merupakan bentuk keprihatinan bersama dan sekaligus hasil rekomendasi dari Kapitel Provinsi SVD Ende XXII yang berlangsung di Ledalero pada 23-29 November 2015 lalu. 

[Frater Yovan Rante, SVD]

No comments:

Post a Comment