Monday, October 3, 2016

TINGKATKAN KEMANDIRIAN, UNIT GABRIEL GALAKKAN BERBAGAI USAHA

seminariledalero.org - Dalam rangka meningkatkan kemandirian, para frater Unit St Gabriel Ledalero menggalakkan berbagai jenis usaha di unit mereka. Usaha-usaha kemandirian ini meliputi budidaya sayur-mayur, pengolahan kopra dan peternakan babi.
Seperti disaksikan seminariledalero.org pada Sabtu (1 Oktober 2016) sore, seluruh anggota unit Gabriel tampak mencangkul sebidang tanah di belakang unit. Pekerjaan ini dilakukan dalam rangka menyediakan lahan untuk ditanami beberapa jenis sayuran seperti sawi putih, singkong dan lombok. Penanaman sayur, seperti dikatakan penggagas kegiatan Frater Moses Ega Loma, SVD bertujuan agar para frater dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan sendiri
Selain bergiat pada budidaya sayur, para frater juga menggeluti usaha pengolahan kopra. Hasil pengelolaan kopra ini menjadi salah satu sumber utama pemasukan bagi kas unit. Dari bidang ini, setiap bulan para frater mendapat pemasukan paling sedikit Rp150.000,00.
Terkait peternakan babi, para frater Unit Gabriel sedang dalam proses pembangunan kandang baru. Dalam waktu dekat, para frater berencana akan mendatangkan empat ekor babi, yang nanti akan dipelihara secara bersama-sama oleh segenap anggota unit.
Salah seorang anggota Unit Gabriel, Frater Antonius Moa, SVD ketika diminta pendapatnya terkait usaha kemandirian mengatakan dirinya sangat berharap agar usaha seperti ini tetap dipertahankan. Frater Antonius mengungkapkan usaha kemandirian merupakan bagian dari perwujudan kerja tangan dan latihan menjadi misionaris Serikat Sabda Allah.
Berdasarkan pantauan Seminariledalero.org, antusiasme para frater Unit Gabriel dalam melakukan beberapa usaha kemandirian tergolong tinggi. Para frater tampat bahu–membahu menyelesaikan pekerjaan yang hasilnya nanti akan dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan unit.

Frater Arsen Jemarut, SVD

No comments:

Post a Comment