Monday, October 3, 2016

UNIT RAFAEL SELENGGARAKAN SEMINAR “SESAJI DAN DEVOSI”

seminariledalero.org - 
Selasa, 27 September 2016, tepat pukul 18.15 Wita.
Unit Rafael (salah satu unit frater di Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero) menyelenggarakan seminar yang mengupas tema “Sesaji dan Devosi: Sebuah Perbandingan Antara Penghormatan Kepada Leluhur dalam Masyarakat Ngadha dan Penghormatan Kepada Orang Kudus dalam Gereja Katolik”.

Pemateri Seminar Fr. Richardus Adrianus Gae, SVD (kiri)
dan moderator Fr. Ferer Dede, SVD.
Seminar unit ini merupakan salah satu program sie akademi unit yang dirancang dalam semester ini.
Pemateri dalam seminar perdana ini adalah Fr. Richardus Adrianus Gae, SVD (mahasiswa semester VII pada STFK Ledalero) dan moderatornya, Fr. Ferer Dede, SVD (mahasiswa semester III Pascasarjana STFK Ledalero). Seminar ini dihadiri oleh seluruh anggota unit St. Rafael termasuk kedua Pater prefek, P. Yosep Keladu Koten, SVD dan P. Ignas Ledot, SVD.
Meskipun berskala unit, namun seminar ini tidak kalah menariknya jika dibandingkan dengan seminar-seminar lain yang melibatkan masyarakat plural. Pemateri dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa sesaji sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur dalam masyarakat Ngadha sebenarnya memiliki kesamaan dengan devosi yang dipraktikkan di dalam Gereja Katolik.
Tema yang dipersentasikan dan dibicarakan dalam seminar ini merupakan naskah skripsi yang tengah dipersiapkan oleh pemateri untuk meyelesaikan studi program Strata Satunya pada STFK Ledalero. Selain dikenal menaruh minat pada topik sesaji dan devosi ini, Frater Ardus Gae dalam kesehariannya dikenal juga sebagai Frater yang memiliki perhatian istimewa pada musik liturgi.
Seminar ini berlangsung seru. Berbagai pertanyaan informatif dan diskusi diungkapkan penuh antusias oleh para peserta seminar. Moderator juga begitu telaten dan terampil dalam memimpin jalannya seminar ini. Setelah melewati durasi waktu satu setengah jam, seminar ini akhirnya disudahi.
Prefek Unit Rafael, P. Yosep Keladu Koten, SVD di akhir seminar mengatakan bahwa seminar ini merupakan titik awal yang bagus untuk perkembangan hidup komunitas ke depan. “Kita tidak hanya  memupuk communio dalam acara-acara rutin saja, tetapi juga dalam kegiatan-kegiatan akademis seperti ini. Dengan demikian, iklim akademis akan bisa berkembang di unit Rafael ini,” kata Dosen Filsafat pada STFK Ledalero ini.

Fr. Frano Kleden

No comments:

Post a Comment