Monday, October 3, 2016

FRATER LEDALERO WARTAKAN SABDA LEWAT RADIO

Minggu (2 Oktober 2016)
Frater Sensy Balu SVD (kiri) dan Pater Ito Dhogo SVD (kanan)
ketika membawakan program beranda rohani di
Radio Sonia FM Maumere, 
seminariledalero.org - Para Frater Unit Agustinus Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero melakukan kegiatan pewartaan Sabda Allah lewat radio. Program pewartaan yang dikemas dengan nama “Beranda Rohani” ini merupakan hasil kerja sama Unit Agustinus Ledalero dengan Radio Sonia FM Maumere dan Kopdit Mitan Gita Maumere.
Program ini berlangsung pada setiap Minggu sore selama tiga jam (17.00 – 20.00 Wita). Ada dua agenda utama dari kegiatan ini yakni pembacaan kitab suci dan renungan (berdasarkan teks-teks kitab suci pada hari Minggu bersangkutan) dan diskusi bersama yang mengupas tema-tema tertentu yang relevan dengan kehidupan menggereja.
Renungan dibawakan oleh para frater sedangkan sesi diskusi menghadirkan narasumber yang berkompeten sesuai dengan tema yang dikupas (frater, pastor juga umat awam di luar komunitas yang diminta khusus untuk menjadi narasumber). Hingga saat ini, kegiatan pewartaan melalui radio ini mendapat respons positif dari masyarakat pendengar Sonia FM Maumere.
Fr. Roman Thomas, SVD
Moderator Sie Kerasulan Unit Agustinus, Frater Roman Thomas SVD, mengungkapkan kegiatan beranda rohani ini sudah dimulai sejak tahun 2008. Sebelumnya, kegiatan ini merupakan program rutin Unit Vincentius A Paulo Gere, tetapi setelah unit ini dikosongkan dan penghuni unitnya dipindahkan ke Unit Agustinus, program ini menjadi program rutin Unit Agustinus.
“Progam ini merupakan salah satu perwujudan dari matra kerasulan kitab suci dan matra komunikasi dalam SVD. Melalui program ini, kami berusaha untuk mewartakan Sabda dengan memanfaatkan media komunikasi massa seperti radio. Harapannya, program ini mampu menjangkau dan dinikmati oleh banyak orang,” kata Frater yang mengikrarkan kaul kekalnya pada 15 Agustus 2015 ini.
Frater Roman mengharapkan agar para frater benar-benar memanfaatkan kesempatan pewartaan lewat radio ini dengan baik. “Mari kita mengakrabkan diri dengan Sang Sabda. Sebelum kita mewartakan Sabda kepada orang lain, hidup kita sendiri mesti terlebih dahulu dijiwai oleh Sabda Allah,” kata Frater yang mendapat penempatan pertama di Provinsi SVD Ekuador ini.
Sementara Ketua Seksi Kerasulan Unit Agustinus, Frater Randi Kiko SVD, mengungkapkan apresiasinya atas antusiasme dari para frater untuk menjalankan program ini. “Teman-teman sangat antusias dengan program ini. Hal ini terutama ditandai dengan kesiapan mereka untuk mempersiapkan renungan dan materi yang akan dibahas,” kata mahasiswa semester VI pada STFK Ledalero ini.

Frater Kristo Suhardi, SVD

No comments:

Post a Comment