Sunday, October 2, 2016

FRATER LEDALERO BAKTI SOSIAL DI MAUMERE

Para frater bersama beberapa petugas kebersihan Kota Maumere


seminariledalero.org - Para frater Seminari Tinggi St Paulus Ledalero mengikuti kegiatan bakti sosial yang diprakarsai Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (Sema STFK) Ledalero. Bakti sosial berupa pembersihan lingkungan pada beberapa titik strategis di Kota Maumere ini diadakan pada Sabtu (1 Oktober 2016).
Para Frater sedang bekerja
Berkenaan dengan keikutsertaan dalam kegiatan ini, beberapa frater mengaku senang karena bisa menyumbangkan tenaga dan pikiran demi pembangunan masyarakat. Mereka menyadari, tempat seorang frater Ledalero bukan hanya di biara, melainkan juga di tengah kehidupan umat dan masyarakat.
“Kami sudah mendapat banyak pengarahan tentang bagaimana harus melibatkan diri dalam kehidupan umat. Namun kami ketiadaan kesempatan untuk mengamalkan secara nyata pengarahan-pengarahan itu. Nah, bakti sosial berupa pembersihan lingkungan ini menjadi kesempatan berharga bagi kami,” kata Frater Frids Talan, SVD dari Unit St Mikael.
Kaitan antara kegiatan pembersihan lingkungan ini dengan salah satu Matra Khas SVD “Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan” diungkapkan Frater Obet Piran dari Unit St Agustinus. Menurut Frater Obet, kebersihan lingkungan merupakan bagian integral dari upaya menjaga keutuhan ciptaan.  
Sementara itu, Ketua Senat Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (Sema STFK) Ledalero Frater Yanto Lobo, SVD menerangkan kegiatan pembersihan lingkungan di luar wilayah kampus ini merupakan program tetap tahunan STFK Ledalero yang diadakan sekali dalam satu semester. Kegiatan ini, kata dia, merupakan pengamalan dari salah satu tri darma Perguruan Tinggi  yakni pengabdian masyarakat.
Frater Yanto Lobo SVD
“Melalui kegiatan yang sama, kami juga ingin mengajak masyarakat tentang makna penting kebersihan lingkungan. Kami mau menggandeng tangan masyarakat dan mengatakan mari kita jaga bersama lingkungan kita. Patut disyukuri bahwa masyarakat di mana kami mengadakan pembersihan lingkungan menyambut kami dengan antusias,” kata Frater Yanto.
Frater Yanto berharap, kegiatan yang diadakan pihaknya ini bisa menggerakkan masyarakat untuk semakin bertanggung jawab pada kebersihan lingkungan. Untuk itu, Frater Yanto mengharapkan peran aktif pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan.
Berdasarkan informasi dari Seksi Pekerjaan Umum Sema STFK Ledalero lokasi pembersihan lingkungan di Kota Maumere itu meliputi wilayah pertokoan, pelabuhan dan tempat penjualan ikan, serta Pasar Alok. Selain para frater Ledalero, mahasiswa lain yang terlibat adalah frater Ritapiret, biara Carmel, Stigmata, Camelian, Vocationist, Somascan, Rogationist, Scalabrinian, Agustinian, MGL, dan mahasiswa awam.
Frater Yovan Rante

No comments:

Post a Comment