Saturday, January 7, 2017

Frater Asal Timor Ikut Acara Natal Bersama HOT

Para frater SVD asal Pulau Timor
Bernyanyi dalam perayaan ekaristi.
Seminariledalero.orgFrater-frater asal Pulau Timor mengikuti acara Natal dan Tahun Baru Bersama yang diadakan Himpunan Orang Timor (HOT) di Aula SMA Negeri 2 Maumere, Kamis (5/1/2017) petang. Pada acara berupa perayaan ekaristi dan resepsi kekeluargaan tersebut, para frater bertugas membawakan kor.
Perayaan ekaristi dipimpin Pater Mikel de Fretes SVD, sedangkan kotbah dibawakan Pater John Masneno SVD. Turut mendampingi kedua imam ini Pater Goris Nule SVD, Pater Frans Ceunfin SVD dan Pater Naris Tonbesi SVD.
Hadir dalam acara yang mengusung tema Aim Taeuk Yesus: Usif Neno Tunan Ma Pahpinan (Mari Bertemu Yesus: Tuhan Langit dan Bumi) ini Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera, Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, segenap sesepuh asal Timor, biarawan-biarawati dan keluarga besar HOT lainnya di Maumere. 
Pater Mikhael dalam kata pengantarnya menekankan arti doa dan cinta. Menurut dia, doa tidak mesti berkata-kata dan memohon. Bukan pula sekadar mendengarkan suara Tuhan. Doa adalah suatu keintiman pribadi dengan Tuhan.
Sementara itu, Pater John Masneno, SVD dalam kotbahnya menekankan beberapa hal penting yakni sikap keterbukaan hati, kemauan untuk bertemu dengan Tuhan, dan sikap terkesima atau mengagumi.
Sikap terbuka menumbuhkan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu membuat orang berusaha menemukan Tuhan. Dan dengan mengagumi kita akan dekat dengan Tuhan. Oleh karena itu, marilah kita merenungkan bersama tips-tips ini, keterbukaan untuk mendengarkan suara Tuhan lewat berbagai cara, kemauan untuk mencari, keterbukaan untuk mengagumi kebesaran kuasa Tuhan dan membiarkan diri dituntun Tuhan,” katanya.
Frater Isno Kofi, SVD selaku Ketua Paguyuban Frater Asal Timor menerangkan bahwa dirinya merasa senang karena bisa ada bersama dengan orang-orang Timor yang ada di Sikka.

“Saya merasa senang karena dengan kegiatan Natal dan Tahun Baru bersama, kami mempunyai waktu untuk berjumpa dengan orang-orang sewilayah asal. Kami bisa berbagi sukacita dan berbagi pengalaman hidup, katanya. 



Penulis :
Frater Frids Talan, SVD

No comments:

Post a Comment