Sunday, January 15, 2017

Komunitas Ledalero Rayakan Pesta Pendiri Serikat

Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero,
 Pater Kletus Hekong SVD
seminariledalero.org - Komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero merayakan pesta pendiri serikat Santo Arnoldus Janssen dengan mempersembahkan ekaristi syukur di Kapel Agung Seminari Tinggi Ledalero, Minggu (15/1/2017) pagi. Perayaan yang dipadukan dengan upacara pembukaan masa novisiat kekal ini dipimpin Rektor Seminari Tinggi Ledalero Pater Kletus Hekong SVD, sedangkan kotbah dibawakan Pater Remi Ceme SVD.
Tampak hadir dalam perayaaan ini Wakil Provinsial SVD Ende Pater Lukas Jua SVD, para Anggota Dewan Rumah Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, Prefek Kordinator Pater Ito Dhogo SVD, para pater prefek, suster, bruder dan frater. Selain itu hadir juga karyawan dan karyawati, serta beberapa umat dari luar komunitas Seminari Tinggi Ledalero.
Pater Remi dalam kotbahnya menegaskan, pesta St. Arnoldus Janssen pada tahun ini mengajak seluruh anggota SVD untuk kembali ke inti, sumber dan pedoman arah kehidupan sebagai anggota Serikat Sabda Allah. Pembaruan diri dan serikat hanya akan berhasil jika setiap anggotanya kembali mencintai sabda Allah dengan mengamalkannya dalam keseharian hidup dan karya.
“Spiritualitas hidup St. Arnoldus Janssen, yang bersumber pada Sabda Allah yang menjelma menjadi manusia, merupakan warisan abadi bagi semua anggota SVD untuk membiarkan diri dibentuk oleh Sabda Allah itu sendiri. Sebagaimana Sabda Allah menjelma menjadi manusia karena peduli terhadap manusia berdosa, kita juga semestinya lebih peduli terhadap sesama yang menderita,” katanya.
Sementara itu, Rektor Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero Pater Kletus Hekong SVD dalam kata sambutan singkatnya menyampaikan ucapan selamat berpesta kepada seluruh anggota Komunitas Ledalero. Menurut Pater Kletus, perayaan syukur ini selain dimaknai sebagai kesempatan mengenang pendiri serikat, juga dipakai sebagai momen mengevaluasi dan membarui semangat SVD dalam diri masing-masing anggota.
Perayaan syukur mengenang pendiri serikat St. Arnoldus Janssen ini dimeriahkan juga oleh kor yang dibawakan para frater dari Unit St. Yosef Freinademetz. Sedangkan para frater dari Unit St. Agustinus dipercayakan sebagai misdinar, lektor dan akolit.


Penulis: 
Frater Har Yansen, SVD

No comments:

Post a Comment