Monday, January 30, 2017

Pater Raymundus Ajak Umat Teladani St. Yosef Freinademetz

seminariledalero.org - Pater Raymundus Rede Blolong SVD mengajak umat yang menghadiri misa Hari Minggu Biasa IV sekaligus Hari Pesta St. Yosef Freinademetz untuk meneladani sikap hidup St. Yosef Freinademetz. Ajakan itu disampaikan Pater Raymundus dalam kotbahnya di Kapel Agung Komunitas Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, Minggu (29/1/2017) pagi.
Sambil merefleksikan teks injil Matius 5:1-12a, Pater Raymudus menegaskan bahwa St. Yosef Freinademetz dalam hidupnya sudah menghidupi sabda bahagia yang disampaikan Yesus dalam teks ini. Sabda bahagia tersebut sekaligus menjadi pedoman bagi ziarah hidup dan semangat misi St. Yosef Freinademetz.
“St. Yosef Freinademetz, misionaris sulung SVD, telah melaksanakan sabda bahagia Yesus ini dalam hidupnya, khususnya selama karya misinya di China. Sejak kedatangannya di China sampai dengan wafatnya, St. Yosef Freinademetz sudah dengan penuh ketekunan menjadi seorang suci dalam hidup dan kudus dalam karya,” katanya.
Berkenaan dengan teladan kesalehan yang ditunjukkan St. Yosef Freinademetz ini, Pater Raymundus mengajak seluruh umat yang hadir, khususnya para frater, agar meneladani St. Yosef Freinademetz. Dengan meneladani St. Yosef Freinademetz, ujar Pater Raymundus, sekaligus juga menjadi salah satu jalan bagaimana mengamalkan sabda bahagia Yesus dalam hidup dan panggilan para frater.
Sementara itu, salah seorang anggota Komunita Ledalero Frater Adi Uskenat SVD saat ditemui Seminariledalero.org usai perayaan ekaristi mengatakan dirinya secara pribadi mengagumi sosok St. Yosef Freinademetz. Kekaguman tersebut, kata Frater Adi, tumbuh dari sikap sederhana dan pantang menyerah yang sudah ditunjukkan St. Yosef Freinademetz saat menghadapi situasi sulit di daerah misi.
Dalam perayaan ekaristi tersebut Pater Raymundus didampingi Pater Lukas Jua SVD. Terlihat hadir para frater, suster, bruder, karyawan dan karyawati, serta beberapa umat dari luar Komunitas Seminari Tinggi Ledalero.

Penulis:
Frater Yovan Rante, SVD



No comments:

Post a Comment